Penumpang kapal perintis Calang-Simeulue lebihi tahun 2022

id Aceh ,Pelabuhan ,Kapal perintis ,Tol Laut,Pemkab Aceh Jaya ,Simeulue ,Ekonomi ,Pelayaran

Penumpang kapal perintis Calang-Simeulue lebihi tahun 2022

Kapal tol laut Sabuk Nusantara di Pelabuhan Calang Aceh Jaya (ANTARA/Arif Hidayat)

Banda Aceh (ANTARA) - Jumlah penumpang kapal Perintis Sabuk Nusantara 110 (Tol Laut) yang berlayar dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya menuju Pulau Simeulue dan sebaliknya hingga 19 Desember 2023 mencapai 10.076 penumpang, melebihi jumlah penumpang tahun 2023 sebanyak 8.010 orang.
 

"Alhamdulillah untuk 2023 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai angka 8.010 orang," kata Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap di Aceh Jaya, Kamis.

Adapun jumlah penumpang kapal perintis sampai 19 Desember 2023 yaitu, tiba: 5.447 orang, berangkat : 4.629 orang, sehingga total naik/turun penumpang: 10.076 orang.

Amru menjelaskan kenaikan tersebut terjadi selain karena ketepatan waktu keberangkatan kapal, juga diberikan pelayanan yang baik oleh para petugas.

"Pertama ketepatan jadwal terkait keberangkatan kapal yang selalu update, kita berikan kepada para penumpang, kemudian pelayanan yang baik, dan ini juga berkaitan dengan fasilitas yang kita berikan sehingga para penumpang nyaman," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur dan Dirut ASDP kolaborasi penataan pelabuhan NTB
Baca juga: BPJN : Pengerjaan Jalan Lembar-Pelabuhan Gili Mas Lombok 95 persen

Amru menjelaskan, selain itu pihaknya juga selalu menjaga dan berusaha agar tidak terjadinya pungli di Pelabuhan Calang Aceh Jaya. Termasuk ketertiban dan keamanan saat berada di pelabuhan, meskipun terkadang peraturan yang diterapkan sedikit memberatkan pengguna jasa, tetapi itu semua demi kebaikan bersama.

"Semoga peningkatan ini terus berlanjut dan Pelabuhan Calang terus maju, karena ini bentuk dari kemajuan Aceh Jaya," kata Amru.