Dispar Jayapura menyiapkan bangun pusat oleh-oleh

id Pemkot Jayapura, Dinas Pariwisata, Papua, pusat oleh-oleh ,produk UMKM

Dispar Jayapura menyiapkan bangun pusat oleh-oleh

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua siap membangun pusat oleh-oleh yang representatif di daerah itu guna menampung semua hasil produk yang dihasilkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Sabtu, mengatakan pusat oleh-oleh akan dibangun di tempat yang strategis agar mudah dijangkau oleh setiap pengunjung yang berkunjung ke daerah itu.

"Kami juga memberikan kesempatan bagi investor untuk membangun pusat oleh-oleh, di mana hal itu bertujuan supaya dalam pengelolaan pusat oleh-oleh betul-betul profesional," katanya.

Menurut Matias, saat ini pusat oleh-oleh di Kota Jayapura berada di Pasar Tradisional Hamadi, Distrik Jayapura Selatan dan juga beberapa lokasi di wilayah perkotaan yang dibangun saat pelaksanaan PON XX Papua.

"Namun, kami akan membangun pusat oleh-oleh pada wilayah yang strategis seperti Distrik Abepura di mana daerah itu merupakan akses ke arah Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berencana untuk pusat oleh-oleh yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat atau dengan kolaborasi bersama investor merupakan tempat yang dapat menampung semua produk UMKM baik kuliner, kerajinan tangan dan busana.

"Sehingga adanya pusat oleh-oleh yang representatif ini akan membantu membantu masyarakat dalam memasarkan hasil kerajinan mereka," katanya lagi.

Dia menambahkan Jayapura merupakan kota perdagangan dan jasa tetapi juga sebagai daerah transit, kota pendidikan tetapi juga kota peradaban modern di Papua.

"Jadi semua orang di Papua pasti datang ke Kota Jayapura sehingga sektor ekonomi kreatif menjadi jualan utama yang harus terus dikembangkan," ujarnya.

Baca juga: Sedikitnya ditemukan 851 kasus anak stunting di Kota Jayapura
Baca juga: Penerimaan kepabeanan-cukai capai Rp8,15 miliar di Jayapura


Terkait itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Jayapura dan juga pelaku UMKM setempat dalam pembangunan pusat oleh-oleh yang representatif.