Sulbar gerakkan ekonomi UMKM tingkatkan PAD

id Menggerakkan ekonomi Sulbar,Perekonomian Sulbar, Sulbar

Sulbar gerakkan ekonomi UMKM  tingkatkan PAD

Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Zudan Arif Fhakrulloh menyampaikan pemerintahnya menggerakkan ekonomi usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), di Mamuju, Senin (01/01/2024). (ANTARA/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggerakkan ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Pemerintah Sulbar akan berupaya mencapai PAD Sulbar sebesar Rp500 miliar pada tahun ini," kata Penjabat Gubernur Provinsi Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan PAD Sulbar tahun ini ditargetkan mencapai Rp460 miliar, namun akan berupaya dilampaui hingga mencapai Rp500 miliar

"Untuk melampaui itu, pemerintah Sulbar akan menggerakkan ekonomi dengan memajukan UMKM melalui sejumlah program pemerintah," katanya.

Menurut dia, sistem digitalisasi yang sudah berjalan akan dimanfaatkan untuk mempromosikan produk UMKM Sulbar agar berkembang dan menguasai pasar nasional.

"Produk UMKM Sulbar harus dipromosikan bersama pemerintah dan masyarakat, agar lebih dikenal luas dan dapat menguasai pasar dan pemerintah akan membantu dengan memfasilitasi berbagai kegiatan untuk menjadi ruang bagi UMKM mengembangkan usahanya," katanya.

Baca juga: Menhan Prabowo: Bantuan sarana air bersih untuk peningkatan perekonomian
Baca juga: Analis: Prospek perekonomian Indonesia tetap baik di tahun 2024


Ia menyampaikan, meskipun untuk meningkatkan PAD Sulbar butuh tantangan, namun peningkatan PAD Sulbar harus terus dilakukan dan butuh dukungan masyarakat dengan menjaga keamanan dan kondusivitas daerah yang merupakan salah satu pendukung meningkatnya ekonomi daerah.

Ia mengatakan kerukunan dan harmonisasi masyarakat Sulbar harus terus dibangun, meskipun akan digelar pesta demokrasi Pemilu 2024, namun suasana kondusif harus terus diciptakan bersama demi meningkatkan ekonomi daerah.*