Lombok-Sumbawa Motocross diharapkan menggerakkan ekonomi NTB

id Lombok Sumbawa ,Lombok-Sumbawa Motocross,Pemprov NTB

Lombok-Sumbawa Motocross diharapkan menggerakkan ekonomi NTB

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Wirawan Ahmad. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Wirawan Ahmad mengatakan perhelatan Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 diharapkan menggerakkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang meneguhkan posisi wilayah itu sebagai kawasan ekonomi khusus super prioritas di Indonesia.

"Inovasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam menyelenggarakan perhelatan berskala nasional maupun internasional adalah wujud implementasi meningkatkan geliat industri pariwisata," kata Wirawan Ahmad di Mataram, Rabu.

Selain menggerakkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara ke NTB.

"Harapannya tentu jumlah wisatawan ke NTB naik," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata, Jamaluddin Malady, mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar untuk mendukung gelaran Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 yang digelar di Sirkuit Tohpati Mataram 24 - 26 November 2023

"Rangkaian acaranya telah dimulai sejak 17 November 2023," ujarnya.

Jamaluddin mengungkapkan, NTB sudah pula mempromosikan Motocross Lombok-Sumbawa di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya dengan mengundang banyak pecinta motorcross datang ke NTB mengikuti touring menjelajahi Lombok dan Sumbawa.

"Harapannya, mereka mengambil foto atau video spot-spot wisata yang dilalui untuk di upload di media sosial masing-masing," terang Jamaluddin.

Selain itu, ada juga konser musik selama empat hari di eks Bandara Selaparang yang dapat dinikmati peserta touring dengan kupon senilai Rp50 ribu yang bisa mereka gunakan untuk belanja di puluhan UMKM yang disediakan panitia penyelenggara.

Jamal menargetkan 300 pebalap yang akan beradu cepat di event motocross ini dan 3.000 peserta Touring Sumbawa Community dan Explore Lombok Community.

Motocross Lombok Sumbawa 2023 ini digelar selama 9 hari. Rangkaian acaranya antara lain, E Sport Competition 17-19 November 2023, Touring Sumbawa Comunity 18-19 November 2023, Parade Otomotif 22 November 2023.

Selanjutnya, Explore Lombok Comunity 23-26 November 2023, Motorcross Gress Track 24-26 November 2023, Sasambo Costum Motofest 24-26 November 2023, Sasambo Creative Feat 24-26 November 2023, Sound of Noise 24-26 November 2023, dan Touring Comunity 25-26 November 2023.

"Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata. Tahun ini, Pemprov NTB menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan dengan catatan terakhir pada bulan Oktober lalu sudah mencapai 1,7 juta pengunjung," katanya.