Menkumham pastikan Archandra Tahar 100 persen WNI

id Menkumham RI

Menkumham pastikan Archandra Tahar 100 persen WNI

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly (ANTARA /Reno Esnir) (1)

"Sudah beres 100 persen WNI"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly memastikan Arcandra Tahar yang telah dilantik sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral sudah 100 persen berstatus Warga Negara Indonesia.

"Sudah beres, mantap. Sudah beres 100 persen WNI," kata Yasonna Laoly di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Sebelumnya status kewarganegaraan Archandra Tahar sempat menjadi persoalan yang kontroversial di kalangan masyarakat.

Archandra sempat diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Juli 2016 sebelum Presiden Jokowi memberhentikannya pada 14 Agustus 2016 karena masalah kewarganegaraannya.

Namun pada 1 September 2016, Menkumham mengeluarkan surat yang mengukuhkan kembali status kewarganegaraan Indonesia bagi Archandra.

"Sejak itu, iya," kata Yasonna ketika dikonfirmasi mengenai waktu rilisnya secara resmi kewarganegaraan Archandra Tahar.

Archandra Tahar sendiri telah memastikan seluruh persoalan terkait dirinya sudah selesai sebelum pelantikannya sebagai Wakil Menteri ESDM.

"Saya kira semua persoalannya sudah diselesaikan dan Alhamdulilah saya sekarang dilantik oleh Bapak Presiden," kata Archandra Tahar setelah pelantikan Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM di Istana Negara Jakarta.

Editor: B Kunto Wibisono
(*)