Pemkab Sumbawa Barat siapkan Rp5,8 miliar untuk MTQ 2024

id MTQ,NTB,Sumbawa Barat ,2024

Pemkab Sumbawa Barat siapkan Rp5,8 miliar untuk MTQ 2024

Suasana rapat koordinasi digelar Pemkab Sumbawa Barat dalam rangka persiapan MTQ Tingkat Provinsi NTB 2024 di kantor bupati setempat, Selasa (16/01/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Untuk pembangunan arena utama pembukaan saja, Pemda Sumbawa Barat menyiapkan dana Rp 5,8 miliar lebih
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menyiapkan anggaran Rp5,8 miliar untuk mendukung ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di daerah setempat pada 24-31 Mei 2024.

"Untuk pembangunan arena utama pembukaan saja, Pemda Sumbawa Barat menyiapkan dana Rp 5,8 miliar lebih," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat, Syahril saat rapat koordinasi persiapan MTQ 2024 dalam keterangan tertulis di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan dana itu untuk membuat arena permanen. Pemerintah daerah sudah menyiapkan anggaran Rp 5,8 miliar, sedangkan lokasi MTQ di Alun-Alun Kota Taliwang.

Perencanaan panggung dan fasilitas lainnya sedang dirancang konsultan.

Baca juga: Peserta MTQ harus ber-KTP Mataram
Baca juga: Pemkot: Sembilan kafilah Mataram menjadi duta NTB di MTQ Nasional 2022


Panggung utama, katanya, akan dibangun sedemikian rupa dan dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk fasilitas ramah anak dan disabilitas.

‘’Desain tiga dimensi sudah tuntas, tinggal kita menyesuaikan dengan kebutuhan dan saran yang masuk,’’ ujarnya.

Ia mengatakan panggung permanen nanti tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan MTQ tingkat provinsi, namun untuk kegiatan-kegiatan lain juga bisa digelar di tempat tersebut.

"Panggung yang ada bisa digunakan untuk ajang lain dalam skala besar, termasuk ajang tingkat kabupaten,’’ katanya.

Ia mengatakan dari dana Rp5,8 miliar ini, khusus arena panggung utama MTQ akan menelan dana Rp 2,5 miliar.

Item lain yang akan dialokasikan nanti berupa pembangunan taman. Untuk penataan taman dana yang dibutuhkan sekitar Rp1,33 miliar.

‘’Untuk lampu penerangan sekitar Rp 200 juta, pekerjaan lapak kontainer sebanyak 14 lapak sekitar Rp 700 juta,’’ katanya.

Baca juga: NTB optimistis juara umum MTQ Nasional 2022
Baca juga: Kabupaten Bima juara umum MTQ tingkat Provinsi NTB


Ia mengatakan lapak yang dibangun nanti dikhususkan bagi pedagang yang saat ini berjualan di sekitar Alun-Alun Kota Taliwang, sehingga lapak yang ada saat ini akan diganti dengan lapak baru.

"Kita sudah koordinasi dengan Diskoperindag. Tapi pada prinsipnya mereka siap pindah, pada saat MTQ lapak baru sudah siap dan di tempati,’’ katanya.

Sebelumnya, Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah mengingatkan terkait dengan persiapan tiga bulan ke depan dalam rangka pelaksanaan MTQ ke-30 tingkat Provinsi NTB yang harus benar-benar optimal.

"Kita punya waktu tiga bulan, ini harus dipersiapkan dengan baik, terutama Alun-Alun Kota Taliwang, sebagai panggung utama pembukaan,’’ katanya.

Amar yang juga Ketua Umum Panitia MTQ Ke-30 Tingkat Provinsi NTB 2024 itu, meminta semua pihak mengambil peran sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Alun-alun ini harus siap. Kalau arena lain itu tinggal ditata saja,’’ katanya.

Baca juga: Ribuan peserta ikut serta pawai ta'aruf jelang MTQ NTB