Ribuan peserta ikut serta pawai ta'aruf jelang MTQ NTB

id NTB,MTQ,MTQ Provinsi NTB

Ribuan peserta ikut serta pawai ta'aruf jelang MTQ NTB

Para perwakilan peserta mengikuti pawai Ta'aruf dalam rangka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar di Kabupaten Lombok Timur, Kamis sore (30/6/2022). (ANTARA/Pemprov NTB).

Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Ribuan peserta mengikuti pawai ta'aruf dalam rangka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nusa Tenggara Barat yang digelar di Kabupaten Lombok Timur, Kamis sore. Kegiatan pawai ta'aruf diikuti kafilah dari 10 kabupaten/kota di NTB dimulai dari Terminal Pancor sampai finis di Taman Rinjani Selong.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara MTQ NTB, Muhammad Juaini Taofik mengapresiasi antusias masyarakat Lombok Timur menonton pawai yang digelar di sepanjang jalan TGKH Zainuddin Abdul Madjid.

"Diperkirakan awalnya yang mengikuti pawai ta'aruf MTQ diperuntukkan bagi para kafilah agar diketahui oleh masyarakat Lombok Timur kafilah mana saja yang ikut berpartisipasi dan bertanding," ujarnya.

"Akan tetapi hari ini di luar ekspektasi Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menurunkan ribuan ASN, tidak hanya itu Lombok Timur juga menurunkan satuan pendidikan. Sehingga menurut perhitungan oleh penyelenggara mencapai ribuan bahkan di angka 10 ribu lebih yang ikuti pawai ta'aruf," ujarnya.

Sekda Kabupaten Lombok Timur mengatakan terkait kegiatan, ini adalah hari yang kedua beberapa jam lagi akan menuju kegiatan pembukaan MTQ di lapangan Gotong Royong Masbagik dan sudah disiapkan cukup spektakuler. "Sebelumnya juga, tadi malam telah sukses dilakukan kegiatan malam ta'aruf bagi para kafilah yang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur NTB," ucapnya.

Disebutkan Juani, sebagai tuan rumah moto utamanya adalah sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Sehingga diperkirakan pada pembukaan nanti malam akan dihadiri 7-9 ribu penonton.

Baca juga: Wagub NTB mengharapkan MTQ perkuat rasa persaudaraan

"Kami berharap penyelenggaraan pembukaan nanti malam kita doakan bisa sukses berjalan dengan lancar sehingga MTQ sebagai ajang membumikan Al Quran sebagai tuntunan hidup benar-benar terjadi bagi masyarakat Lombok Timur," katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah berharap pelaksanaan MTQ ke-29 tingkat provinsi semakin memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam membangun daerah. "Mudah-mudahan MTQ kali ini betul-betul semakin menambah kebersamaan, persaudaraan dan persatuan untuk kita memiliki energi yang semakin besar membangun NTB ke depan," ujarnya.

Wagub meyakini penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Lombok Timur akan sukses dengan memiliki tempat yang representatif dan indah. Seperti yang dikatakan Bupati Lombok Timur kata Rohmi penyelenggaraan MTQ ini sebagai ajang silaturahmi. Karena yang paling utamanya adalah silaturahmi. Sehingga kompetisi-nya nanti akan menyenangkan.

Baca juga: Anggota Kodim Lombok Tengah ikut Lomba MTQ Nasional TNI-AD di Jakarta

"Yang terus-menerus kita dilakukan adalah mengevaluasi bagaimana kemampuan putra putri terbaik NTB baik di tingkat provinsi maupun ditingkat nasional. Karena sejati-nya NTB memiliki potensi yang luar biasa. Terlebih di 10 kabupaten/kota ini," ujarnya.

Dengan potensi tersebut yang ada di 10 kabupaten/kota, diharapkan ke depan harus terus menerus digali, dikembangkan, diwadahi, diberi ruang dan diperhatikan sehingga MTQ menjadi ajang yang membanggakan bagi NTB.