Polisi dan mahasiswa tanam bibit mangrove di Pantai Gerupu Mandalika

id penanaman mangrove lombok,hutan mangrove,ekosistem pesisir

Polisi dan mahasiswa tanam bibit mangrove di Pantai Gerupu Mandalika

Acara penanaman bibit pohon mangrove di Pantai Gerupuk, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara barat, Sabtu (20/01/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Anggota Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat bersama mahasiswa Universitas Mataram menanam bibit pohon mangrove di area Pantai Gerupuk, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Raden Umar Faroq menyampaikan bahwa ada sekitar 2.000 bibit pohon mangrove yang pada Sabtu ditanam di area Pantai Gerupuk, Kecamatan Pujut.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat baik bagi mahasiswa dan merupakan rangkaian KKN Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Mataram dengan Polda NTB," katanya.

Dia mengatakan, penanaman bibit pohon mangrove di area pantai merupakan bagian dari upaya untuk mencegah abrasi dan menjaga kelestarian lingkungan.

Kepala Kepolisian Resor Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat juga mengemukakan pentingnya penanaman mangrove untuk menjaga ekosistem pesisir.

"Pohon mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir, melindungi pantai dari erosi dan abrasi, serta menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna laut," katanya.

"Semoga kegiatan penanaman pohon mangrove ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir," ia menambahkan.