NTB Gelar Lomba Tahfiz Quran Selama Ramadhan

id FESTIVAL KHASANAH RAMADHAN

Bagi umat Islam, tidak ada generasi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi yang bertaqwa dan menjadikan Al Quran sebagai pegangan hidup
Mataram (Antara NTB) - Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Lomba Tahfiz dan Hafalan Al Quran yang diikuti 50 peserta putra dan putri dari Pondok Pesantren se-Pulau Lombok di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.
"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan Pesona Khazanah Ramadan 2017, sekaligus hendak meneguhkan bahwa Pulau Lombok memang layak dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Banyak masyarakatnya yang bisa menghafal Al Quran," kata Kepala Dispar NTB melalui Kepala Bidang Atraksi Dispar NTB, Baiq Rahmati di Mataram, Rabu.
Ia menuturkan, Lomba Tahfiz dan Hafalan Al Quran ini sekaligus sebagai media bagi para penghafal Al Quran untuk mengaktualisasikan diri. Kegiatan juga selaras dengan program Pemerintah Provinsi NTB di bidang kepariwisataan yang lebih menekankan pada program pariwisata halal atau "halal tourism".
"Untuk pelaksanaan Lomba Tahfiz Al Quran dimulai sejak pukul 10.00 Wita yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu golongan 1 juz putra/putri, golongan 5 juz putra/putri dan golongan 10 juz putra/putri. Berikutnya usai Lomba Tahfiz Al Quran, kegiatan juga akan dilanjutkan dengan khatam Al Quran," katanya.
Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih lagi kepada Dispar NTB yang telah berjuang hampir sebulan penuh selama Ramadan untuk mewujudkan kemeriahan berbagai agenda kegiatan di Islamic Center NTB.
"Dengan banyaknya agenda kegiatan yang digelar di Islamic Center NTB, maka ini sekaligus menunjukkan bahwa Masjid Hubbul Wathan Islamic Center memang telah dimakmurkan para jamaahnya. Demikian terkait kepariwisataan NTB yang mengusung wisata halal, Islamic Center NTB kedepan bisa menjadi ikon kepariwisataan NTB," ujar Amin.
Kepada para pemenang peserta Lomba Tahfiz Al Quran, Wagub juga berpesan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan hafalannya.
"Bagi umat Islam, tidak ada generasi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi yang bertaqwa dan menjadikan Al Quran sebagai pegangan hidup," katanya.
Setelah dilakukan penjurian, akhirnya terpilih 18 pemenang untuk masing-masing kategori lomba Tahfiz Al Quran. Untuk golongan 1 juz putra, juara I adalah Nasron Azizan, juara II Kholid Ramadhan Radjab, dan juara III Dika Yusuf Prayoga.
Kemudian golongan 1 juz putri, juara I Nur Fitrianingsih, juara II Emi Azwarina dan juara III Mir`atu Azzahra.
Berikutnya untuk pemenang lomba pada golongan 5 juzz putra, juara I M Sigit Arisman, juara II Zamhadi Rahman dan juara III Renaldiansyah. Selanjutnya golongan 5 juz putri, juara I Umrotul Aminah, juara II Ayu Ardiya Putri dan juara III Rifka Amalia Putri.
Sedangkan untuk pemenang lomba untuk golongan 10 juz putra, juara I adalah M Fabiyan Akbar, juara II Ahmad Baehaki, dan juara III M Asyri Ramdhan. Berikutnya golongan 10 juz putri, juara I Rahmataini Karimah, juara II Lily Muthmainnah dan juara III yakni Wafidatuzzakyah.
Kepada para pemenang Lomba Tahfiz Al Quran, hadiah dan piagam diberikan langsung Wagub NTB HM Amin didampingi Kepala Dispar NTB HL Moh Faozal, Ketua BKOW NTB Hj Syamsiah Amin, Ketua OJK NTB Yusri. (*)