Pemkot Mataram siapkan konsep pawai takbiran sebagai wisata religi

id Pawai takbiran Mataram, dispar kota Mataram

Pemkot Mataram siapkan konsep pawai takbiran sebagai wisata religi

Ilustrasi - Rombongan umat Hindu, Buddha, dan Kristen dalam pawai malam takbiran di Jalan Pejanggik, Mataram, NTB, Jumat malam (21/4/2023). ANTARA/Dhimas B.P

Karena itu, kegiatan pawai takbiran tahun ini kita kemas lebih semak dan ramai
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan konsep kegiatan pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1445 Hijriah sebagai salah satu ajang promosi wisata religi di daerah ini.

"Karena itu, kegiatan pawai takbiran tahun ini kita kemas lebih semak dan ramai," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra di Mataram, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Cahya usai mengikuti rapat persiapan pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1445 Hijriah tingkat Kota Mataram sebagai bagian kalender pariwisata di kota ini.

Baca juga: Umat Hindu, Buddha, dan Kristen mengikuti pawai malam takbiran di Mataram

Dikatakan, agar lebih semarak pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1445 Hijriah di Kota Mataram akan digelar di enam kecamatan. Tidak lagi fokus di satu tempat sehingga pelaksanaan lebih maksimal, merata, dan lebih semarak.

Pertimbangan pelaksanaan pawai takbiran di enam kecamatan salah satunya dimaksudkan sebagai efisiensi waktu, keamanan, kenyamanan, sekaligus memecah keramaian.

Pagelaran religi berupa pawai takbiran bisa menjadi ajang hiburan masyarakat sehingga menyedot orang banyak untuk menonton.

"Termasuk wisatawan atau warga kota yang mudik lebaran ke daerah ini," katanya.

Baca juga: Ribuan umat Muslim di Kota Mataram ikut pawai takbiran sambut Idul Fitri

Terkait dengan itu, guna menjamin keamanan dan kenyamanan pelaksanaan pawai takbiran dan para penonton, pihaknya melibatkan jajaran Polresta Kota Mataram, Dinas Perhubungan, dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan pada enam kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan pawai takbiran.

Cahya juga mengimbau kepada peserta agar tetap menjaga kondusifitas, kebersamaan, dan tidak membawa petasan, mercon, atau kembang api.

Baca juga: Pawai malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Mataram meriah

Jangan sampai terjadi perang kembang api antar kafilah. Sebaliknya, peserta harus saling menghormati, sopan, dan bermartabat sehingga pawai takbiran dan Idul Fitri berjalan lancar.

"Jadi larangan membawa mercon, kembang api dan jenis lain, akan kita menjadi bagian aturan yang harus dipatuhi kafilah," katanya.

Diketahui, kegiatan pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah diikuti oleh 177 kafilah tersebar di enam kecamatan se-Kota Mataram.

Baca juga: Warga Lombok Tengah rayakan malam Lebaran dengan pawai takbiran