Pj Gubernur NTB serahkan sertifikat warisan budaya untuk Dompu

id Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi,HUT 209 Kabupaten Dompu,Sertifikat Kebudayaan Dompu,Kabupaten Dompu

Pj Gubernur NTB serahkan sertifikat warisan budaya untuk Dompu

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi (kanan) menyerahkan sertifikat kebudayaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) kepada Bupati Dompu Kader Jaelani (kiri) pada peringatan HUT ke-209 Kabupaten Dompu di Lapangan Beringin, Kantor Bupati Dompu, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi menyerahkan sertifikat kebudayaan warisan budaya tak benda (WBTB) kepada Bupati Dompu Kader Jaelani pada peringatan HUT ke-209 Kabupaten Dompu.

Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan dalam rentang waktu 209 tahun Kabupaten Dompu, kini telah bertransformasi dari "zero to hero".

"Zero akibat letusan Gunung Tambora pada 17 April 1815 yang telah melulu lantakan Dompu. Sedangkan hero karena telah mencapai berbagai prestasi dalam pembangunan di berbagai sektor di Kabupaten Dompu," ujarnya di Lapangan Beringin, Kantor Bupati Dompu melalui keterangan tertulis diterima di Mataram, Kamis.

Kabupaten Dompu yang terkenal dengan sebutan Bumi "Nggahi Rawi Pahu" tersebut meraih sertifikat kebudayaan WBTB untuk Tenun Muna Pa'a dan Kudapan Timbu atau Lemang yang merupakan kudapan khas Dompu.

Bupati Dompu Kader Jaelani mengatakan prestasi yang telah ditorehkan Pemerintah Kabupaten Dompu dapat terus dipertahankan.

"Prestasi tersebut diharapkan juga dapat ditingkatkan guna mencapai cita-cita kesejahteraan dan kemakmuran seluruh lapisan masyarakat Dompu," ujarnya.

Kader mengapresiasi khusus kepada seluruh komponen masyarakat Dompu dan kalangan birokrasi yang telah bekerja optimal dalam mewujudkan visi "Mashur melalui Jara Pasaka".

Di akhir upacara Pj Gubernur NTB bersama Bupati Dompu melakukan peluncuran Dompu Expo dan melepas defile peserta upacara menuju Makam Sultan Dompu Muhammad Sirajuddin (Manuru Kupa) yang terletak tidak jauh dari Kantor Bupati Dompu.