Calon haji Mataram masuk kloter satu Embarkasi Lombok

id haji Mataram

Calon haji Mataram masuk kloter satu Embarkasi Lombok

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram H Lalu Martawang. (ANTARA/Nirkomala)

Calon jamaah haji kita akan menjadi jamaah pertama dari Embarkasi Lombok yang akan diterbangkan ke Tanah Suci
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebutkan calon jamaah haji asal kota itu pada musim haji tahun ini masuk dalam kelompok terbang (kloter) satu Embarkasi Lombok.

"Calon jamaah haji kita akan menjadi jamaah pertama dari Embarkasi Lombok yang akan diterbangkan ke Tanah Suci," kata Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Kamis.

Berdasarkan jadwal yang ada, kata dia, calon haji Kota Mataram dijadwalkan masuk asrama haji pada 11 Mei 2024 dan akan dilaksanakan pelepasan kloter utuh di halaman Kantor Wali Kota Mataram oleh Wali Kota Mataram Mohan Roliskana dan dihadiri pejabat serta jajaran terkait.

"Setelah satu kali 24 jam di asrama haji, jamaah akan diterbangkan dari Bandara Internasional Lombok menuju Madinah pada 12 Mei 2024," katanya.

Baca juga: Ratusan jamaah calon haji jalani bimbingan manasik di Mataram

Dengan posisi jamaah Kota Mataram yang masuk pada gelombang pemberangkatan pertama ini, kata dia, maka jamaah terlebih dahulu akan berada di Madinah dan berada di Kota Nabi itu selama sekitar delapan hari untuk melaksanakan ibadah Arbain atau shalat wajib berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 kali.

"Setelah itu barulah jamaah diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah untuk melaksanakan rukun sunah dan wajib haji," katanya.

Baca juga: Calon jamaah haji Mataram disiapkan vaksin COVID-19

Data Kemenag Kota Mataram menyebutkan jumlah calon haji reguler asal Kota Mataram tahun 2024 sebanyak 686 orang.  Dari jumlah itu, kata Martawang, saat ini terbagi menjadi empat kloter yakni satu kloter utuh dan tiga kloter campuran dengan kabupaten/kota lainnya di NTB. 

Namun untuk memaksimalkan dan meningkatkan kualitas layanan petugas dari tim pendamping haji daerah, kata dia, saat ini sedang diusahakan agar jamaah Kota Mataram bisa menjadi dua kloter.

"Harapan ini calon haji Mataram bisa dua kloter untuk memaksimalkan pengawasan, pembinaan, pelayanan, dan pendampingan jamaah sehingga menjadi haji mabrur," katanya.


Baca juga: 17 calon haji Mataram dapat kesempatan pelunasan tahap tiga