689 jamaah calon haji di Mataram dapat bimbingan manasik haji gratis

id haji Mataram,manasik haji,pemkot mataram,calon haji

689 jamaah calon haji di Mataram dapat bimbingan manasik haji gratis

Dokumen: Ratusan jamaah calon haji asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengikuti kegiatan manasik haji di Masid Raya At Taqwa yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, 30-31 Maret 2024 . (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan memberikan bimbingan manasik haji gratis kepada 686 jamaah calon haji asal Kota Mataram musim haji 1445 Hijriah/2024.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram H Lalu Martawang di Mataram, Kamis, mengatakan, bimbingan manasik haji dijadwalkan mulai 30 April 2024 hingga 10 hari ke depan.

"Kegiatan manasik haji gratis ini bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram," katanya.

Baca juga: Kemenag Kota Mataram siapkan kegiatan bimbingan manasik haji

Hal tersebut disampaikan usai melaksanakan kegiatan rapat koordinasi persiapan kegiatan bimbingan manasik haji dengan IPHI Kota Mataram.

Menurutnya, dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji yang dilaksanakan IPHI, lebih fokus pada masalah teknis dan praktek untuk mempersiapkan jamaah agar dapat melaksanakan rukun dan wajib haji dengan baik dan benar.

Termasuk manasik khusus bagi jamaah perempuan akan disampaikan langsung oleh ustazah dan dokter yang akan menyampaikan berbagai penjelasan terkait kesehatan kewanitaan dan potensi penyakit-penyakit lainnya.

"Karenanya untuk mengoptimalkan kegiatan manasik, dilaksanakan pada enam kecamatan se-Kota Mataram di tempat yang telah disepakati," katanya.

Baca juga: Ratusan jamaah calon haji jalani bimbingan manasik di Mataram

Selain mendapatkan materi, lanjut Martawang, jamaah calon haji juga akan mengikuti praktek langsung bagaimana tata cara tawaf, saat berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Kegiatan praktek akan dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Lombok Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram.

Harapannya, dengan kegiatan praktek tersebut bisa memberikan gambaran teknis secara langsung bagi calon haji sehingga dapat melaksanakan rukun dan wajib haji secara maksimal.

"Dengan demikian, semua jamaah calon haji Mataram bisa menjadi haji mabrur," katanya.

Baca juga: Kemenag Mataram memberikan bimbingan manasik bagi 655 calon haji