Nikmatnya kuliner laut andalan IKN

id Dispar Kaltim,kuliner laut,andalan IKN,kuliner kaltim

Nikmatnya kuliner laut andalan IKN

Kepiting saus dandito merupakan kuliner laut sebagai andalan IKN. ANTARA/HO-Dispar Kaltim

Kuliner Kaltim luar biasa, terkenal se-Nusantara.
Samarinda (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) mempromosikan kuliner laut sebagai masakan andalan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satu yang masyhur bagi warga lokal yakni kepiting saus dandito, diusung dalam Lomba Video Kreatif Badan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024.

"Kuliner Kaltim luar biasa, terkenal se-Nusantara. Dari kuliner andalan Kaltim, kepiting saus dandito patut diusung sebagai kuliner andalan IKN," ujar Kepala Dispar Kaltim Ririn Sari Dewi, di Samarinda belum lama ini.

Menurutnya, kepiting saus dandito merupakan hidangan istimewa bagi para pecinta kuliner laut. Daging kepiting putih yang gurih dan kaya protein ini, kata Ririn, semakin istimewa karena proses menikmatinya yang perlu perjuangan.

"Dengan menikmatinya, pengunjung diajak untuk menggunakan kedua tangan mereka untuk merasakan sensasi makan yang berbeda dari hidangan lainnya," ujar Ririn pula.

Baca juga: Hidangan unik khas Lombok, hanya ada sekali dalam setahun

Dia menyampaikan pula, restoran kepiting dandito berada tepatnya di Kota Balikpapan, Kaltim. Namun, bagi para pecinta kuliner kepiting, nama kepiting dandito sudah tidak asing lagi.

"Jangan khawatir, tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Telusuri saja Jalan Marsa Iswahjudi-Gunung Bakaran Balikpapan. Di Balikpapan, ada banyak ragam varian resto kepiting, namun dandito ini salah satu merek yang jadi kuliner unggulan di IKN," kata Ririn.

Ririn berharap dengan promosi ini, kepiting saus dandito dapat menjadi salah satu ikon kuliner IKN dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kaltim.

Ia menjelaskan bahwa selain kepiting saus dandito, ada beberapa kuliner khas Kaltim lain yang juga patut dicoba, salah satunya gammi bawis bontang. Gammi bawis, sajian khas Bontang Kuala dimasak di atas cobek, menjadi salah satu primadona kuliner di Kaltim.

Baca juga: Bupati Lombok Timur siap jadikan Desa Ekas Buana ikon kuliner hasil laut

Sebagai ASN yang pernah bertugas di Kota Bontang, Ririn menjelaskan bahwa gammi bawis dimasak dengan cara yang unik. Sambal yang terdiri dari cabai rawit, terasi, tomat, bawang merah, dan minyak dimasak bersama dengan ikan bawis di atas cobek tanah liat.

"Memasaknya di atas cobek tanah liat ini yang memberikan cita rasa yang berbeda dan harum," ujar Ririn pula.

Kini, warung-warung Gammi Bawis sudah menjamur di Bontang, Kutai Timur, Samarinda, hingga Balikpapan. Menu gammi bawis pun semakin beragam, tidak hanya ikan bawis, tapi juga ayam, cumi, udang, telur, dan lainnya.