Wali Kota Eri: Master meter PDAM wujud bangun Surabaya dengan kebersamaan

id wali kota surabaya,eri cahyadi,PDAM Surabaya,master meter,bangun surabaya,kebersamaan

Wali Kota Eri: Master meter PDAM wujud bangun Surabaya dengan kebersamaan

Penyerahan potongan tumpeng oleh Ketua RW 08 Kelurahan Keputih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di acara Tasyakuran atas tersambungnya Sambungan Rumah (SR) PDAM di Lapangan RW 08 Keputih Tegal Timur Baru, Kota Surabaya (22/5/2024) malam. (ANTARA/HO)

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan program master meter Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada merupakan wujud bangun Kota Surabaya dengan kebersamaan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Eri saat menerima penyerahan potongan tumpeng dari Ketua RW 08 Kelurahan Keputih di acara Tasyakuran atas tersambungnya Sambungan Rumah (SR) PDAM di Lapangan RW 08 Keputih Tegal Timur Baru, Kota Surabaya, Rabu (22/5) malam.

Diketahui warga Keputih RT 03, RT 04, RT 06, RT 07 dan RT 08, RW 08 Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo menggelar tasyakuran atas tersambungnya pipa distribusi layanan PDAM menuju meteran rumah tangga.

Eri Cahyadi  menjelaskan, bentuk syukur atas teralirinya warga dengan air PDAM merupakan kerja keras bersama. Diketahui sebelumnya masyarakat belum menikmati air PDAM melalui sambungan Master Meter.

"Berkat kegotong-royongan, hari ini doa warga didengar Allah SWT. Atas kerja keras dan dukungan penuh Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Timur, 25 tahun warga menunggu. Alhamdulillah, air sebagai sumber kehidupan, dari yang awalnya telah menikmati air PDAM melalui sambungan Master Meter, naik kelas menjadi sambungan rumah," kata Eri.

Sementara itu, lanjut Eri, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan surat ijin penempatan jaringan tersier dan sambungan rumah melalui meter air serta PDAM Kota Surabaya yang terus membangun Surabaya.

"Membangun dalam hal ini, PDAM telah menunjukkan kinerjanya dengan merealisasikan sambungan SR. Memang secara membangun ini tidak nampak, tapi membangun PDAM secara versi lain, ini juga membangun dengan cara memberikan hak kepada seluruh warga Surabaya mendapatkan air yang layak," katanya.

Untuk itu, kata Eri, di samping membangun secara kasat mata dan tidak terlihat, seluruhnya membawa manfaat untuk Surabaya.

"Jadi itu menjadi prioritas, untuk Camat, Lurah di Surabaya serta PDAM Surya Sembada, ayo kerjakan sesuatu yang terus bermanfaat. Bagi warga sendiri,  bersyukur atas nikmat air yang telah terwujud, jaga kerukunan, bangun kebersamaan jaga gotong-royong Kota Surabaya," ucapnya.

Di sisi lain, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Arif Wisnu Cahyono yang diwakilkan Direktur Pelayanan PDAM Surabaya Agung Pribadi menyampaikan sambungan rumah yang telah selesai dikerjakan di wilayah RW 08 Kelurahan Keputih sejumlah 225 Sambungan Rumah.

Diketahui sebelumnya, diawali dari pertemuan di Kelurahan Keputih di tanggal 26 Januari 2023, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya memenuhi undangan Lurah Keputih membahas perihal air yang diterima oleh warga atau pelanggan khususnya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Master Meter (MM).

Menjawab usulan masyarakat Keputih mengenai pengajuan SR di wilayah KSM Keputih, Agung menjelaskan, meskipun sudah terpasang Master Meter di wilayah tersebut, namun PDAM Surabaya tetap membuka ruang jika memang berharap menjadi pelanggan reguler.

"Silahkan apabila tetap berkeinginan mengajukan SR dengan pipa jaringan PDAM terpasang, dengan syarat, harus ada surat rekomendasi dari dinas terkait. Bersama Kelurahan Keputih dan PDAM, kami siap, sehingga kami tidak disalahkan atau dituntut dibelakang hari karena memasang pipa jaringan di wilayah tanah dinas apapun atau tanah siapapun tanpa seizin pemilk," ucapnya.

Lebih jauh, Agung membeberkan, ketekunan dan kebersamaan membuahkan hasil. Setelah diberikan ijin oleh dinas terkait, lurah bersama warga terus bahu membahu mewujudkan SR yang selama ini menjadi target.

"Komitmen PDAM, semua terlayani, cakupan Layanan sampai 100 persen, memaksimalkan pelayanan ke warga, khususnya ke para pelanggan. Kami akan terus memberikan kemudahan dan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Surabaya. PDAM akan terus menggali daerah mana di Surabaya yang belum menerima air PDAM," katanya.

Terpisah,  Lurah Keputih AF.Fajar Febriansyah mengaku sangat senang atas tersambungnya sambungan rumah PDAM yang telah lama diinginkan masyarakat RW 08 Kelurahan Keputih.

"Kami sebagai pelayan masyarakat akan membantu semampu kami bisa lakukan. Atas kerja keras masyarakat dan perjuangan selama ini, alhamdulillah, sambungan rumah PDAM melalui meter air telah terealisasi. Semoga air PDAM dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga," ucap Fajar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Operasional PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Nanang Widiatmoko, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Timur, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Hj Lililk Hendarwati, Camat Sukolilo Budi Hermanto, Jajaran Pengurus Forum Masyarakat Master Meter (Forkom MM), Ketua RT dan RW Kelurahan Keputih, tokoh masyarakat, tokoh agama & warga RW 08 Kelurahan Keputih.