Duet Pj Gubernur NTB-Bupati Lombok Timur maju Pilkada 2024 mengerucut

id NTB,Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi,Pilkada NTB 2024,Mantan Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy,Duet Pj Gubernur NTB-Bupat

Duet Pj Gubernur NTB-Bupati Lombok Timur maju Pilkada 2024 mengerucut

Tim Pemenangan Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi, yakni Lalu Athari Fathullah (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua Desk Pilkada DPW PKB NTB Ari Sukra di DPW PKB NTB di Mataram, Selasa (28/5/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Duet Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi bersama mantan Bupati Lombok Timur dua periode Sukiman Azmy di Pilkada 27 Nopember 2024 mulai mengerucut.

Tim Pemenangan Pj Gubernur NTB, Lalu Athari mengakui nama mantan Bupati Lombok Timur dua periode 2008-2013 dan 2018-2023 Sukiman Azmy sebagai bakal calon Wakil Gubernur Lalu Gita Aryadi di Pilkada mendatang.

"Kita optimis mendapatkan tiket terlebih dengan semakin mengerucut dan mantapnya calon Wakil Gubernur Pak Sukiman," kata Athari usai mendaftarkan Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi sebagai bakal calon gubernur di DPW PKB NTB di Mataram, Selasa.

Lalu Gita menyerahkan formulir pendaftaran diwakili Tim Pemenangan Lalu Athari Fathullah. Tim Pemenangan Lalu Gita diterima langsung Ketua Desk Pilkada DPW PKB NTB Ari Sukra.

Ia mengaku Pj Gubernur Lalu Gita Ariadi lahir dan batin siap maju di di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang akan di helat pada 27 November mendatang.

"Sebagaimana yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Mamiq (Lalu Gita) siap lahir dan batin. Tidak ada kata mundur, sekali maju, tetap melaju," kata Athari.

Athari menegaskan Lalu Gita Ariadi telah mengunci dukungan sejumlah parpol sebagai tiket maju di Pilkada NTB. Kendati demikian, pihaknya belum mau mengungkap partai-partai mana saja yang dimaksud.

"Pada prinsipnya kami membuka ruang seluas-luasnya dengan semua partai politik," katanya.

Pihaknya menyatakan Lalu Gita Ariadi siap mengikuti seluruh proses yang dipersyaratkan dalam Pilkada NTB. Termasuk rencana pengunduran diri sebagai Pj Gubernur.

Diketahui, Lalu Gita Ariadi juga telah mendaftar di sejumlah parpol lain. Di antaranya: Demokrat, NasDem, PPP, PAN, dan terakhir PKB. Dirinya juga telah mendapatkan surat tugas dari Partai Golkar untuk tampil di Pilkada NTB 2024.

Di tempat yang sama, Ketua Desk Pilkada DPW PKB NTB Ari Sukra mengatakan, berkas pendaftaran yang diserahkan Lalu Gita dinyatakan lengkap.

"Ya tadi berkas-nya sudah kami cek, baik yang di aplikasi Silonkada maupun yang fisik, sudah lengkap," ujarnya.

Ari mengatakan saat ini sudah ada tujuh pendaftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur di PKB NTB. Lalu Gita merupakan pendaftar bakal calon gubernur ke delapan.

"Sudah ada tujuh pendaftar sebelumnya dan tujuh orang tersebut sudah menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di DPP PKB. Setelah ini, kita akan minta DPP menjadwalkan UKK untuk Lalu Gita dalam waktu dekat, sebelum Juni," katanya.

Sejumlah nama yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur itu ke PKB NTB, di antaranya Zulkieflimansyah, Lalu Muhamad Iqbal, Suhaili, Sukiman Azmy, Musyafirin, Sitti Rohmi Djalillah, Asrul Sani, dan Lalu Gita Ariadi.