UIN Palu meraih dua medali emas dan tujuh perak di ajang Poros Intim III

id uin datokarama palu, poros intim III, atlet uin palu raih medali

UIN Palu meraih dua medali emas dan tujuh perak di ajang Poros Intim III

Atlet UIN Datokarama Palu peraih medali dalam ajang Poros Intim III tahun 2024 yang berlangsung di UIN Mataram, NTB, Senin (8/7/2024). (ANTARA/HO-UIN Datokarama)

Mataram (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah meraih dua medali emas dan tujuh perak serta enam perunggu dalam ajang Pekan Olahraga, Ornamen, dan Seni se-Indonesia Timur (Poros Intim) III tahun 2024 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Keberhasilan para atlet ini adalah prestasi yang memberikan rasa bangga dan mengharumkan nama UIN Datokarama Palu, sekaligus Provinsi Sulawesi Tengah di kancah Indonesia Timur," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Dr KH Faisal Attamimi di Mataram, Senin.

Faisal Attamimi mengungkapkan bahwa keberhasilan UIN Datokarama Palu mengukir prestasi pada kegiatan Poros Intim III ini tidak lepas dari dukungan seluruh komponen civitas akademik, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, serta seluruh orang tua dan keluarga Kontingen UIN Datokarama Palu.

"Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Rektor UIN Datokarama Palu yang ikut hadir memberikan semangat para atlet dan peserta lomba," ujarnya.

Dua medali emas yang diraih oleh UIN Datokarama Palu dipersembahkan oleh Muhammad Amin Yalinawa. Dia berhasil meraih juara satu pada lomba kaligrafi kategori putra. Medali emas kedua diperoleh Aulia Zyivka Aurora pada cabang lomba pidato tausiah kategori putri.

Sementara, perolehan perak atau juara dua disumbang oleh Muhammad Syarif Hidayatullah dari cabang lomba pop solo Islami putra. Pada cabang lomba tenis meja ganda putra, medali perak diperoleh Mubram dan Rahmat Paputungan.

Selanjutnya, atlet bernama Bulan mendapat medali perak dari cabang lomba bulutangkis tunggal putri. Kemudian, dari cabang lomba bulutangkis ganda campuran, Adnan Nugraha yang berpasangan dengan Bulan.

Pada cabang lomba karya tulis ilmiah Al Quran, medali perak disumbang Wahyu Akbar, Mar'ia Gifti dari cabang lomba kaligrafi putri, dan Agil dari cabang lomba pidato tausiah putra.

Untuk perolehan perunggu disumbangkan Yusrin pada cabang lomba catur klasik. Kemudian, Yuyun Andriani Agus, Intan Nur Ilma, Fira Farisda dari cabang lomba debat konstitusi, Rahmat Paputungan dari cabang lomba tenis meja tunggal putra, dan Iin Indria W dari cabang lomba pop solo Islami putri.

Baca juga: Rektor UIN Palu minta kontingen ukir prestasi pada Poros Intim III di Mataram
Baca juga: Program Makan Siang dan Susu Gratis perlu kementerian khusus


Berikutnya, medali perunggu diperoleh dari cabang lomba bulutangkis tunggal putra oleh Adnan Nugraha dan Dian Fitria dari cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Putri.

Selain berhasil meraih dua medali emas, tujuh perak, dan enam perunggu, UIN Datokarama Palu juga berhasil meraih harapan satu pada cabang lomba MTQ Putera. Juara harapan satu itu dipersembahkan oleh Moh Hafiz.