KPP Pratama Mataram Barat sosialisasi perpajakan di SMAN 1 Mataram

id KPP Pratama Mataram Barat,SMA Negeri 1 Mataram,Pajak Bertutur,Sosialisasi Perpajakan

KPP Pratama Mataram Barat sosialisasi perpajakan di SMAN 1 Mataram

Sebanyak 65 siswa-siswi SMA Negeri 1 Mataram, mengikuti kegiatan Pajak Bertutur yang digelar oleh KPP Pratama Mataram Barat, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-KPP Mabar)

Mataram (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat  kembali menggelar kegiatan Pajak Bertutur 2024 dengan mengangkat tema "Lampaui Batas Bangkit untuk Indonesia Emas", di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (7/8).

Kegiatan Pajak Bertutur tahun 2024 bertagline "Sehari Mengenal Selamanya Bangga". Kegiatan itu diselenggarakan setiap tahun oleh KPP Pratama Mataram Barat untuk memperkenalkan Perpajakan Indonesia kepada Pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA di Aula SMA Negeri 1 Mataram dan dihadiri sebanyak 69 siswa beserta perwakilan guru.

Plt Kepala SMAN 1 Mataram, Lalu Muhamad Hidlir mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pajak Mataram Barat karena telah mengadakan kegiatan Pajak Bertutur 2024 di sekolahnya.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat bantu UMKM berkelas

Ia juga berharap wajib pajak tertib membayar pajak karena akan menjadikan negara lebih aman dan lebih sejahtera.

"Kegiatan ini juga berguna untuk mengenalkan arti penting pajak untuk pembangunan bangsa dan negara bagi siswa SMA Negeri 1 Mataram," ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Mataram Barat Tomo Hendri Purwoko  menyampaikan pentingnya edukasi perpajakan untuk para siswa yang akan menjadi generasi penerus bangsa .

"Ini bagian dari tugas kami untuk secara terus menerus mengumpulkan uang pajak sebesar Rp1.988,9 triliun atau sebesar 71 persen dari total pendapatan negara pada 2024 yang digunakan untuk mendukung pembangun infrastruktur, maupun program-program peningkatan kualitas pendidikan, karena pembangunan bidang pendidikan merupakan investasi pemerintah Indonesia untuk menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045," katanya.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat edukasi siswa SMKN 2 Selong tentang perpajakan

Tomo juga berpesan agar siswa SMA Negeri 1 Mataram belajar dengan lebih tekun dan lebih giat supaya bisa diterima di perguruan tinggi yang diinginkan, kemudian menjadi Wajib Pajak yang menjalankan kewajiban perpajakan dengan baik sehingga ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara.

Penyuluh Pajak KPP Pratama Mataram Barat  Wisnu Andi Triyantoko  memaparkan materi pajak bertutur.

Penyuluh juga menyampaikan peran pajak dalam pembangunan negara dan bahwa pajak merupakan tulang punggung pembangunan negara yang manfaatnya digunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, dengan total anggaran Pendidikan sebesar Rp612,23 triliun atau sebesar 20 persen dari total belanja negara.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat himpun pajak hingga Juni 2024 sebesar Rp767 miliar

Pemaparan juga disertai dengan ilustrasi agar mudah dipahami oleh siswa. Selain pemberian materi pajak bertutur, juga diadakan lomba "games"  kuis, tebak gambar, dan teka teki silang (TTS) yang berlangsung seru dan diikuti oleh para siswa dengan penuh semangat.

KPP Pratama Mataram Barat berharap melalui kegiatan pajak bertutur tersebut, para siswa mendapatkan edukasi bagaimana pentingnya pajak dalam pembangunan negara sehingga kelak mereka mempunyai kesadaran akan pajak dan menjadi wajib pajak yang dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Baca juga: KPP Pratama Mataram Barat himpun pajak senilai Rp767 miliar