Pemerintah ingatkan masyarakat tak percaya janji lulus CPNS

id CPNS 2024,CPNS IKN,Ibu Kota Nusantara,Pindahan Ibu Kota

Pemerintah ingatkan masyarakat tak percaya janji lulus CPNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas saat memberikan keterangan pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tidak dengan mudah mempercayai pihak yang menjanjikan lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Saya pesan kepada seluruh masyarakat yang akan menggunakan kesempatan formasi CPNS ini, jangan percaya kepada siapapun yang merasa bisa, dan menjanjikan kesempatan formasi ini karena sekarang sistemnya sudah dengan sistem CAT (Computer Assisted Test)," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa mulai 20 Agustus pendaftaran CPNS pada tahun ini telah dibuka. Ia kemudian menjelaskan bahwa sebanyak 60.000 dari 250.407 formasi akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dan kami memberi afirmasi dari 60.000 itu sebanyak 5 persen untuk putra putri Kalimantan supaya mereka punya kesempatan untuk mengabdi di IKN, sehingga putra putri Kalimantan tidak bersaing dengan fresh graduate dari Jawa," ujarnya.

Baca juga: Pemprov NTB ingatkan pelamar CPNS jangan tergiur iming-iming
Baca juga: Soal PPPK di Mataram bisa ikut seleksi CPNS tunggu regulasi


Ia menjelaskan bahwa kuota afirmasi tersebut merupakan implementasi dari saran yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo. Rekrutmen CPNS tahun ini akan mulai dibuka pada 20 Agustus hingga 6 September 2024. Saat pendaftaran resmi dibuka, calon pelamar nantinya dapat melakukan pendaftaran melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

250.407 formasi CPNS tahun ini terbagi untuk instansi pusat sebanyak 114.706, dan instansi daerah 135.701.