Tes kesehatan bakal calon peserta pilkada dari sembilan daerah di RSUD NTB

id Pilkada 2024,KPU NTB,RSUD Provinsi NTB,Pilkada NTB 2024

Tes kesehatan bakal calon peserta pilkada dari sembilan daerah di RSUD NTB

Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM Agus Hilman. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan tes kesehatan bagi bakal pasangan peserta Pemilihan Kepala Daerah 2024 dari sembilan kabupaten/kota, termasuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur, dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB.

"Hampir semua atau sembilan kabupaten/kota, kecuali Kota Mataram, itu lokasi tes kesehatannya di RSUD Provinsi NTB," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM Agus Hilman di Mataram, Selasa.

Sembilan kabupaten/kota menunjuk RSUD Provinsi NTB sebagai lokasi pemeriksaan bakal calon kepala daerah adalah Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Utara.

"Hal yang sama juga berlaku untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur juga dilakukan di RSUD NTB," ujarnya.

Baca juga: Tes kesehatan paslon Pilkada Lombok Tengah 2024 dilakukan di RSUP NTB

Menurut Agus, alasan pemeriksaan tes kesehatan harus dilakukan di RSUD Provinsi NTB karena hanya rumah sakit tersebut yang memenuhi persyaratan, terutama soal ketersediaan peralatan medis.

"Jadi, kepastian ketersediaan alat itu ada di RSUD NTB dan Rumah Sakit Kota Mataram, kalau rumah sakit lain belum tersedia," katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Provinsi NTB dr. Lalu Herman Mahaputra menyatakan pada prinsipnya untuk pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah, dari sisi peralatan dan tim dokter sudah sepenuhnya siap.

"Untuk pemeriksaan kesehatan sudah biasa kami lakukan, seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya. Yang tidak kami periksa itu hanya bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Kota Mataram," ujarnya.

Baca juga: RSUD Mataram siap layani tes kesehatan pasangan calon kepala daerah

Untuk tim dokter, Herman mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 10 orang dari berbagai disiplin ilmu, mulai dokter ahli penyakit dalam dan ahli kejiwaan. Sedangkan, untuk sarana kesehatan, salah satunya laboratorium untuk tes narkoba dan lainnya.

"Sarana dan prasarana pemeriksaan umumnya standar ya. Kalau tim dokter kita siapkan 10 orang, tetapi itu tergantung lagi dengan kebutuhan," katanya.

"Termasuk dokter perempuan juga kita siapkan karena mungkin ada bakal calon kepala daerah yang perempuan," tambahnya.

Sesuai tahapan yang sudah ditetapkan KPU, pendaftaran bakal pasangan calon kepala untuk Pilkada 2024 dimulai tanggal 27 sampai 29 Agustus. Sedangkan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September.

Baca juga: RSUP NTB siap layani tes kesehatan calon kepala daerah di Pilkada 2024
Baca juga: RSUD Praya siap layani tes kesehatan paslon Pilkada Lombok Tengah 2024