RSUD Mataram siap layani tes kesehatan pasangan calon kepala daerah

id tes kesehatan calon kepala daerah,Kota Mataram,RSUD Mataram

RSUD Mataram siap layani tes kesehatan pasangan calon kepala daerah

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Hj Eka Nurhayati. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan siap melayani pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan ikut serta dalam Pilkada Serentak 27 November 2024.

"Terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram sudah berkoordinasi dengan kami," kata Direktur Utama RSUD)Kota Mataram Eka Nurhayati di Mataram, Senin.

Selain itu sejumlah KPU dari beberapa kabupaten/kota di daerah itu juga sudah datang berkunjung untuk melihat kesiapan berbagai fasilitas dan sumber daya manusia yang ada di RSUD Kota Mataram.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah, RSUD Kota Mataram bisa memberikan layanan untuk pasangan calon dari kabupaten/kota di luar Kota Mataram.

Baca juga: ASN di Mataram diingatkan tidak "cawe-cawe" dalam Pilkada 2024

Ia mengatakan RSUD tidak hanya melayani pasangan calon dari Kota Mataram, tetapi juga siap menerima pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah dari kabupaten/kota mana saja.

"Kalaupun semua pasangan calon kepala daerah di kabupaten/kota di NTB melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Mataram, kami siap dan sanggup," katanya.

Untuk memberikan layanan maksimal kepada pasangan calon kepala daerah, kata dia, RSUD Kota Mataram sudah melakukan rapat koordinasi terkait kesiapan fasilitas alat dan kesiapan dokter spesialis yang dibutuhkan.

Baca juga: Coklit data pemilih Pilkada 2024 di Mataram capai 99,9 persen

Untuk dokter, lanjutnya, RSUD Kota Mataram siap mengerahkan semua dokter sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan, baik untuk kesehatan fisik maupun jiwa.

"Prinsipnya, untuk peralatan dan dokter kami sudah siap," katanya.

Sementara menyinggung tentang hasil pemeriksaan, lanjut Eka, karena kegiatan pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah bekerja sama dengan KPU, maka hasil pemeriksaan akan diserahkan langsung ke KPU.

"Untuk kegiatan pemeriksaan masing-masing pasangan calon, kami menunggu jadwal dari KPU," katanya.

Baca juga: Jelang pilkada, Akademisi dan peneliti dorong perubahan di Kota Mataram
Baca juga: Jumlah pemilih Pilkada Mataram 2024 bertambah 7.359 orang
Baca juga: Bawaslu ingatkan ASN Mataram tidak abai aturan netralitas di Pilkada 2024