DLH siapkan 50 petugas kebersihan saat parade MotoGP di Mataram

id sampah parade,MotoGP Mandalika,DLH Kota Mataram

DLH siapkan 50 petugas kebersihan saat parade MotoGP di Mataram

Seorang pemulung mencari sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomi di pinggir Sungai Jangkuk, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan  50 petugas kebersihan saat kegiatan parade pembalap MotoGP Mandalika yang akan berlangsung 25 September 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Jumat, mengatakan 50 petugas kebersihan itu akan berada di sepanjang jalan yang dilalui peserta parade.

"Petugas kami, memastikan jalan sudah dilalui peserta yakni Jalan Pejanggik dan Udayana bersih dari sampah, baik sebelum maupun sesudah parade," katanya.

Selain itu, petugas kebersihan juga akan ditempatkan pada sejumlah titik strategis sepanjang rute parade terutama di lokasi "start" di depan Sangkareang dan finis di Teras Udayana untuk menangani sampah dan menjaga kebersihan area.

Baca juga: Ribuan siswa Mataram siap semarakkan parade MotoGP

Dia mengatakan kehadiran petugas kebersihan itu merupakan bagian dari upaya mendukung kelancaran acara dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta dan penonton.

"Kami berkomitmen memastikan bahwa area parade tetap bersih dan tertib," katanya.

Oleh karena itu, selain menyiagakan petugas kebersihan, DLH juga akan menyediakan sejumlah tempat sampah tambahan di sepanjang rute parade.

"Fokus utama petugas menyisir sampah di selama kegiatan parade dari awal sampai akhir," katanya.

Baca juga: Parade pembalap MotoGP Mandalika 2024 dihadiri Marc Marquez

Di samping itu, DLH juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah disiapkan untuk menghindari sampah yang berserakan.

Apalagi saat kegiatan parade, sekitar 5.000 siswa yang bersekolah pada jalur yang dilalui peserta parade akan ikut terlibat, belum lagi penonton dari masyarakat umum.

"Estimasi kami sampah setelah parade pembalap berlangsung sekitar 1 ton," katanya.

Baca juga: Warga Mataram diajak sukseskan parade pembalap MotoGP
Baca juga: Pembalap MotoGP Mandalika direncanakan parade di Mataram