Pj Bupati ajak DPRD Sumbawa Barat kembangkan kawasan industri

id Sumbawa Barat ,Psj Bupati Sumbawa Barat ,Kawasan industri ,NTB

Pj Bupati ajak DPRD Sumbawa Barat kembangkan kawasan industri

Pj Bupati Sumbawa Barat, Provinsi NTB Julmansyah (kiri) saat acara pelantikan pimpinan DPRD di daerah setempat, Kamis (10/10/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Pj Bupati Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) Julmansyah mengajak para anggota DPRD di daerah setempat untuk menyongsong dan mengembangkan kawasan industri dalam rangka meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat.

"Kawasan industri Kabupaten Sumbawa Barat dengan Smelter sebagai core bisnis," katanya saat sidang paripurna pelantikan pimpinan definitif DPRD Sumbawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan, semua pihak harus bekerja keras agar bagaimana ke depan mampu memanfaatkan sebaik-baiknya peluang yang ada, dengan melahirkan regulasi yang berpihak kepada daerah.

"Semua harus mampu menjadi tuan di negeri sendiri," katanya.

Ia mengatakan, lembaga DPRD memiliki peran yang sangat strategis dalam sistem pemerintahan, terutama sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

"Bersama-sama, kami memiliki tanggung jawab untuk menyusun kebijakan yang dapat mendorong pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kepada pimpinan DPRD yang baru saja dilantik, ia mengajak untuk memperkuat sinergi antara eksekutif dan legislatif.

"Mari bangun komunikasi yang terbuka dan saling mendukung dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang berdampak positif bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat," katanya.

Ia mengatakan, dalam proses pembangunan daerah ini, semua harus mengedepankan prinsip-prinsip keterbukaan, partisipasi masyarakat, serta akuntabilitas publik.

Pjs Bupati mengajak para pimpinan dan anggota DPRD untuk tetap mengawal proses demokrasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2024 agar berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami tidak ingin citra baik daerah cedera akibat perbedaan pilihan masyarakat yang mengakibatkan konflik horisontal di tengah masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, sebagai politisi dan juga sebagai wakil rakyat, dirinya yakin semua memiliki visi yang sama, yaitu agar bagaimana demokrasi yang sehat tetap terjaga, dan melalui Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat dapat melahirkan pemimpin yang betul betul menjadi harapan masyarakat hari ini dan masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbawa Barat Kaharuddin Umar menekankan pentingnya sinergi dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

"Yang terpenting yaitu komitmen dan sungguh-sungguh sebagai wakil rakyat untuk memberikan sumbangsih dalam membangun Sumbawa Barat yang lebih baik di masa yang akan datang," katanya.

Adapun yang dilantik sebagai pimpinan DPRD Sumbawa Barat periode 2024 - 2029 yaitu Kaharuddin Umar sebagai Ketua, Badaruddin Duri sebagai Wakil Ketua 1 dan Merlisa sebagai Wakil Ketua 2.