Terpopuler, klaim swing voters cagub NTB, ganti rugi PMI hingga tradisi rebaqjangkeh

id swing voters ke cagub NTB,tradisi rebaqjangkeh,ganti rugi PMI,terpopuler

Terpopuler, klaim swing voters cagub NTB, ganti rugi PMI hingga tradisi rebaqjangkeh

Panitia menghimpun uang selawat dari warga di Lingkungan Perigi, Kelurahan Dasan Agung, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebagai rangkaian tradisi Pawai Selawat "Rebaq Jangkeh" sebagai penutup bulan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah, Sabtu (12/10-2024). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Sejumlah berita terpopuler di mataram.antaranews.com pada Jumat pagi yang menarik untuk disimak, mulai dari 37 orang calon PMI NTB yang gagal berangkat terima ganti rugi Rp590 juta, Banyak suara swing voters beralih ke Zul-Uhel di Pilkada NTB hingga mengenal tradisi "rebaqjangkeh" di Pulau Lombok.

Berikut rangkuman berita selengkapnya :

1. 37 orang calon PMI NTB yang gagal berangkat terima ganti rugi Rp590 juta

Kementerian Ketenagakerjaan bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat mencairkan deposito Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) PT Ramzy Cahaya Karya kepada 37 orang calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang gagal berangkat ke negara penempatan sejak tahun 2022.

Serah terima deposito ini dihadiri oleh Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja serta Tim Pelindung WNI (PWNI) Kemnaker, Subkoordinator Bidang Pelindungan PMI Kemnaker, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, dan CPMI di Aula Kantor Disnakertrans Provinsi NTB, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

2. Banyak suara swing voters beralih ke Zul-Uhel 

Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nusa Tenggara Barat, Yek Agil mengklaim banyak dari suara masa mengambang (swing votter) yang akhirnya bermigrasi untuk memilih pasangan calon Gubernur Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Moh Suhaili FT atau Zul-Uhel di Pilkada NTB pada 27 Nopember 2024.

"Dari hasil temuan kami di lapangan banyak yang justru terjadi pergerakan suara dari 'swing votter' yang beralih ke Zul Uhel," ujarnya didampingi Ketua Tim Pemenangan Parpol Zul-Uhel, Sambirang Ahmadi di Kantor DPW PKS NTB di Mataram, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

3. Mengenal tradisi "rebaqjangkeh" di Pulau Lombok

Rebaq jangkeh merupakan bahasa dari Suku Sasak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang memiliki arti rebaq adalah jatuh, sedangkan jangkeh adalah tungku untuk memasak yang berbuat dari tanah liat.

Jika dua kata itu digabungkan, maka rebaq jangkeh memiliki arti menjatuhkan tungku memasak yang memiliki makna bahwa sebuah kegiatan atau acara besar yang dilaksanakan baik secara perseorangan maupun kelompok masyarakat sudah berakhir.


Selengkapnya baca di sini.