Mau tahu objek wisata apa saja di Lombok Tengah

id Lombok Tengah,Selong Belanak,Wisata alam,objek wisata

Seorang wisatawan mancanegara tengah berlatih surfing di Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/2). Instruktur surfing tersebut merupakan warga setempat yang memasang tarif Rp250 ribu per dua jam termasuk biaya sewa papan surfing. (Foto/HO/Riza Fahriza)

Mataram (Antaranews NTB) - Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memiliki objek wisata yang luar biasa dan wajib dikunjungi oleh para travelers.

Apa saja sih, objek wisata yang ada di Lombok Tengah. Di bawah ini terdata objek wisata alam itu sesuai dari laman Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Silakan tinggal pilih:

* Objek Wisata Alam (Hutan/Perairan pedalaman) : Benang Stokel, Benang Kelambu, Aik Bukak. Daya tariknya adalah Air Terjun, Outbond Area, Camping, Kolam renang dan keindahan Alam serat pengamatan flora dan fauna.
* Objek Wisata Alam (Bahari) : Pantai Gerupuk, Pantai Awang, Pantai An, Pantai Seger, Pantai Kuta, Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Tomang, Pantai Are Guling, Pantai Pengatap, Rowok, Torok Aik Belek, Pantai Mawun. Daya Tarik dari pantai-pantai di Lombok Tengaht tersebut selain pasir putihnya, juga perbukitan, ombak untuk serving, sunset, perkampungan nelayan,budidaya ikan kerapu, budi daya mutiara, pasar ikan tradisional dan terumbu karang.
* ObjekWisata Alam (Geologi dan Vulkanologi) : Goa Bengkang, Goa Pengembur, Gunung Rinjani, Batu Rijan. Gunung Rinjani sangat terkenal sebagai objek wisata. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah Trekking, Pengamatan Flora Langka, Pengamatan Fauna langka, Photografi, Mancing di danau dan bisa juga dipakai untuk wisata religi.
* Objek Wisata Budaya (Peninggalan Sejarah) : Dusun Sade, Dusun Nde adalah rumah tradisional, kampung tradisional, tipologi pemukiman suku sasak, kesenian daerah dan upacara adat. Mesjid Kuno Rembitan, Mesjid Gunung Pujut adalah mesjid kuno, tipologi Pemukiman Suku Sasak dan Upacara Agama. Makam Nyatok, Makam Ketak, Makam Serewe adalah makam Tokoh Agama Islam dan Makam Raja Pejanggik.Aktivitas wisata yang bisa dilakukan adalah belajar menenun, photografi, wisata ziarah, pengamatan upacara agama dan penelitian.
* Objek Wisata Budaya (Kehidupan Masyarakat) : Kerajinan Gerabah Penujak, Kerajinan Tenun Tradisional Sukarare, Kerajinan Anyaman Rotan/ Ketak Beleke. Aktivitas wisata yadalah study tour, penelitian, shopping.
* Objek Wisata Buatan (Olahraga Khusus) : Pacuan Kuda, Bendungan Pengga, Bendungan Batujai.
* Objek Wisata Buatan (Festival Khusus) : Peresean, Rudat,  Oncer,  Gandrung,  Gandrung,  Amak Abir, Bau Nyale, Gendang Belek, Cilokaq, Menting Lelakaq, Pagelaran Zikir Madani.  Sanggar Rinjani,  Jangger,  Ngorek,  Jejaranan, Tambur, Genggong, Drama Sakral, Cupak Grantang,  Wayang KUlit, Rudat,  Macapat, Gansing, Selodor, Engrang, Pencak, Layang-layang, Main Karet.
* Objek Wisata Buatan (Wisata Agro): Sekedek yaitu budidaya tanaman jeruk.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar