Disdik mendistribusikan soal ujian nasional

id UNBK,mataram,distribusi,soal

Disdik mendistribusikan soal ujian nasional

Proses pendistribusian soal ujia nasional dari polsek ke masing-masing sekolah pelaksana ujian nasional kertas pensil (UNKP) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Ist)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat,  mendistribusikan soal dan lembar jawaban ujian nasional kepada sekolah tingkat SMP/sederajat yang akan mengikuti ujian nasional dengan sistem kertas pensil.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali di Mataram, Sabtu, mengatakan, proses pendistribusian soal ke sekolah pelaksana ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) dikawal ketat aparat kepolisian.

"Sebelum didistribusikan ke sekolah, kami melakukan serah terima soal dengan tim dari Jakarta di Kantor Pos Ampenan Jalan Langko," katanya kepada wartawan.

Dari kantor pos, lembar soal dan jawaban yang berada dalam kardus bersegel itu langsung didistribusikan ke masing-masing polres yang menjadi wilayah dari sekolah pelaksana UNKP, kemudian ke sekolah untuk disimpan di ruang kepala sekolah.

Dia mengatakan untuk menghindari adanya kebocoran soal, ruang kepala sekolah pelaksana UNKP disteril dan dilakukan penjagaan secara ketat.

"Soal hanya boleh dikeluarkan, pada saat pelaksanaan UNKP akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah ada," katanya.

Menurutnya, dari dari 67 sekolah SMP dan madrasah negeri/swasta yang akan melaksanakan ujian nasional tahun ajaran 2018/2019, terdapat 21 sekolah yang masih menggunakan sistem UNKP.

"Dari 21 sekolah itu, terdiri atas 15 SMP negeri dan 6 SMP swasta. Sekolah-sekolah itulah, yang hari ini kami distribusikan soal dan lembar jawabannya," katanya.

Kegiatan ujian nasional tingkat SMP/sederajat akan dilaksanakan pada 22-25 April 2019. Dengan empat mata pelajaran yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan jumlah terakhir peserta ujian nasional sebanyak 7.703 orang.

Di sisi lain, tambah Fatwir, untuk peserta ujian nasional berbasis komputer (UNKB), di Kota Mataram tercatat sebanyak 46 sekolah dan madrasah negeri/swsata.

Pelaksanaan UNBK terbagi menjadi tiga sesi per hari sehingga UNBK dilaksanakan sampai sore. Setip ruangan disediakan komputer, server, proktor dan tim teknisi dan pengawas ujian.

"Agar pelaksanaan ujian nasional baik dengan sistem UNBK dan UNKP bisa berjalan lancar, kami sudah bersurat ke PLN dan Telkom agar ikut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan ujian nasional," katanya menambahkan. ***3***