BPJamsostek berikan perlindungan pengawas Pilkada Dompu-Bima

id BPJamsostek,Bawaslu Dompu,Pilkada 2020

BPJamsostek berikan perlindungan pengawas Pilkada Dompu-Bima

Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) KCP Bima, Iguh Bimantoroyudo (kiri), berjabat tangan dengan Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Irwan (kanan), usai penandatanganan perjanjian kerja sama terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada petugas pengawas Pilkada 2020. (foto ist)

Mataram (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menyepakati perjanjian kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Dompu, dan Bima, Nusa Tenggara Barat terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada petugas pengawas Pilkada 2020.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah, Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Irwan, dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bima, Iguh Bimantoroyudo, di Bima, Kamis.

Mulai Januari 2020, sebanyak 1.108 panitia pengawas kecamatan (panwascam) di Kabupaten Bima, dan sebanyak 661 panwascam di Kabupaten Dompu, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk dua program, yaitu program Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

"Kami menyambut baik kerja sama yang telah dilakukan untuk perlindungan seluruh petugas bawaslu demi kelancaran terselenggaranya Pilkada 2020 di Kabupaten Bima," kata Abdullah

Senada dengan Abdullah, Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Irwan mengatakan, para petugas pilkada mempunyai tugas yang berat dan penuh resiko untuk memastikan kelancaran pilkada. Oleh sebab itu, perlu tindakan preventif dengan mendaftarkan seluruh petugas menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Bima, Iguh Bimantoroyudo mengatakan, pihaknya mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima, yang mendaftarkan seluruh petugasnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami siap membantu kelancaran Pilkada 2020 dengan memberikan perlindungan kepada seluruh petugas agar bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir terhadap resiko yang mungkin terjadi," katanya

Di tempat terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Sony Suharsono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja di NTB, apa pun jenis pekerjaannya.

"Sesuai misi dari BPJS Ketenagakerjaan, melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluargannya, kami akan terus bergerilya memastikan setiap elemen masyarakat terlindungi oleh program dari BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan NTB telah melakukan perjanjian kerja sama dengan tiga bawaslu, yaitu Bawaslu Kota Mataram, Bawaslu Kabupaten Bima, dan Bawaslu Kabupaten Dompu.