Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi mengumumkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 di lingkungan pemerintah provinsi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Yusron Hadi mengatakan pengumuman ini tertuang dalam surat Gubernur NTB Nomor 800.1.2 2/2414/BKD/2024 tentang Seleksi Pengadaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

"Rincian pengumuman ini bisa diakses sejak pengumuman resmi pada 19 Agustus hingga 2 September 2024 di https://bkd.ntbprov.go.id/rekruetmen," ujarnya di Mataram, Senin.

Baca juga: Pemprov NTB ingatkan pelamar CPNS jangan tergiur iming-iming

Ia menjelaskan dalam alokasi formasi dan jenis kebutuhan Pemprov NTB memperoleh 140 orang, dengan rincian jabatan tenaga kesehatan sejumlah 70 orang formasi dan jabatan tenaga teknis sejumlah 70 formasi.

Jenis penetapan kebutuhan pada pengadaan PNS 2024 di bagi dua, yakni kebutuhan umum dan kebutuhan khusus terdiri atas putra putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) dan penyandang disabilitas.

"Pelamar hanya dapat melamar pada satu instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode anggaran, yakni CPNS atau PPPK," tegas Yusron.

Baca juga: BKD NTB mengingatkan warga tak tergiur iming-iming lulus CPNS

Pendaftaran seleksi CPNS dilakukan secara daring atau online melalui SSCASN, yakni https://sscasn.bkn.go.id disertai dengan proses pengunggahan dokumen yang dipersyaratkan secara elektronik.

Yusron mengatakan tahapan seleksi pengadaan CPNS terdiri atas seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar meliputi tes wawancara, tes intelegensia umum dan tes karakteristik pribadi.

"Sedangkan untuk seleksi kompetensi bidang dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan BKN," ujar Yusron.

Baca juga: Pemprov NTB pastikan rekrutmen CPNS tahun 2023

Menurut Yursron seluruh tahapan pelaksanaan CPNS ini tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun.

"Diimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain," katanya.

Baca juga: Pemprov NTB menyediakan tes cepat gratis bagi peserta tes CPNS 2021

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024