Siswa SMPN 12 Tanjabtim menciptakan roket air

id Jambi,tanjabtim

Siswa SMPN 12 Tanjabtim menciptakan roket air

Siswa SMPN 12 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Wistyo Sanggam Rifa'i dan Edi Santoso menciptakan roket dengan menggunakan tenaga air yang ditampilkan pada acara Showcase yang di gelar sekolah tersebut. (ANTARA/HO/Diskominfo Tanjabtim-Vend)

Jambi (ANTARA) - Siswa SMPN 12 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) , Wistyo Sanggam Rifa'i dan Edi Santoso menciptakan roket dengan menggunakan tenaga air yang ditampilkan pada acara showcase yang di gelar sekolah tersebut.

"Ini prestasi yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan apa yang anak-anak kita lakukan. Semoga ini bisa diikuti oleh siswa-siswa lainnya," kata Wakil Bupati Robby ketika dimintai tanggapannya terkait penemuan roket air itu, Minggu.

Temuan roket air tersebut menyita perhatian pada kegiatan showcase tersebut. Kedua pelajar itu meluncurkan roket air itu di hadapan Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur Junaedi Rahmad dan Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Medi Yusva dan ratusan pengunjung.

Ketika menampilkan temuannya, Wistyo dan Edi mengajak Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur untuk memompa roket tersebut yang akan diterbangkan ke udara. Setelah memompa roket itu kemudian berhasil diterbangkan ke udara di halaman SMPN 12 Tanjab Timur.

Wakil Bupati menyampaikan apresiasi terhadap temuan yang berhasil dihasilkan oleh putra-putra terbaik Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung itu.

Menurut dia, apa yang telah dilakukan oleh siswa-siswa tersebut merupakan sebuah contoh dari bagaimana pelajar di daerah khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga mampu menghasilkan karya-karya terbaik tak kalah dengan siswa-siswa di kota-kota besar.

"Ini membuktikan siswa-siswa kami juga mampu bersaing dengan siswa-siswa di sekolah-sekolah yang ada di kota. Tapi, saya minta apa yang dihasilkan saat ini siswa kita tidak mudah puas, terus gali dan belajar lebih baik lagi," kata Robby.

Sementara itu, Medi Yusva menuturkan, pencapaian yang dilakukan oleh siswa SMPN 12 Tanjab Timur Program PINTAR yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu telah berjalan dan dapat diterima dengan baik oleh seluruh warga sekolah.

"Bersyukur ya, berarti apa yang dilatihkan selama ini dapat dipraktikkan dengan baik oleh seluruh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru hingga penerima manfaat yaitu siswa," kata Medi.

Senada dengan itu, Junaedi Rahmad juga menuturkan hal serupa. Ia menjelaskan bahwa program PINTAR Tanoto Foundation membuat para siswa mengetahui langsung melalui pembelajaran aktif yang dilaksanakan.

"Ini perlu kita sebarluaskan. Saya salut, pembelajaran seperti inilah yang harus diperbanyak oleh siswa, mereka mengalami sendiri dengan praktik," katanya.

Kepala SMPN 12 Tanjab Timur, Anita Sriyuanti menyebut kepercayaan diri dari siswa merupakan dampak dari pembelajaran aktif yang diterapkan. Untuk itu, Ia menyebutkan, penguatan mutu akses perlu terus ditingkatkan.

"Kita terus memperkuat pendidikan di sekolah, khususnya dalam hal pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca," kata Anita menambahkan.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar