Positif COVID-19 di NTB bertambah satu orang dari Sumbawa

id Sumbawa,Corona,Covid-19,NTB

Positif COVID-19 di NTB bertambah satu orang dari Sumbawa

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah. (ANTARA/Nur Imansyah). (1)

Mataram (ANTARA) - Jumlah penderita positif virus Corona jenis baru atau COVID-19 di Nusa Tenggara Barat bertambah satu orang dari sebelumnya lima orang kini menjadi enam orang yang berasal dari Kabupaten Sumbawa.

"Berdasarkan notifikasi yang dikirim dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, telah terkonfirmasi seorang penderita COVID-19, perempuan berusia 44 tahun, berinisial Ny M penduduk Kabupaten Sumbawa," kata Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah di Mataram, Rabu.

Baca juga: Warga Kota Mataram berstatus PDP dan meninggal diketahui positif COVID-19

Ia menjelaskan, penderita mulai dirawat pada 26 Maret 2020 dengan gejala flu dan hipertensi di ruang isolasi RSUD HL Manambai Abdulkadir, Kabupaten Sumbawa. 

"Penderita memiliki riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 No 1 pada tanggal 9 Maret 2020," ujarnya.

Menurut Gubernur, penderita saat ini dalam kondisi semakin membaik menunggu hasil tes negatif sebanyak dua kali sebelum bisa dipulangkan ke rumah.

"Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan kontak tracking terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan," jelas Bang Zul sapaan akrabnya.

Baca juga: 3 warga Kota Mataram positif COVID-19

Gubernur berharap kepada semua lapisan masyarakat NTB untuk tetap tenang, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dengan mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Masyarakat kita harap untuk tetap tenang, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dan mengurangi aktivitas di luar rumah," katanya.

Sebelumnya, jumlah positif COVID-19 di NTB sebanyak lima orang. Tiga orang dari Kota Mataram dengan satu orang meninggal dunia. Dua orang dari Kabupaten Lombok Timur dan satu orang yang terbaru positif berasal dari Kabupaten Sumbawa.