Kembangkan bibit kopi lokal dan bangun UMKM, PLN dukung kemajuan ekonomi daerah

id UMKM Binaan PLN,Kopi Sembalun,Promosi Kopi

Kembangkan bibit kopi lokal dan bangun UMKM, PLN dukung kemajuan ekonomi daerah

Thousand Mosque Coffee mewakili UMKM binaan PLN mengikuti pameran Surabaya Expo yang digelar di Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA/HO/PLN)

Mataram (ANTARA) - Sejak 2019, PLN NTB turut mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Salah satunya adalah dengan cara  menggandeng beberapa kelompok UMKM yang bergerak dalam usaha penjualan bibit kopi dalam kemasan. 

Pada 2020, melalui program PLN Peduli, PLN kembali berkolaborasi dengan kelompok tani di Sembalun, Lombok Timur, yaitu dalam hal pembibitan, sertifikasi, dan pembinaan penanaman kopi, salah satunya Thousand Mosque Coffee. 

Beberapa program yang diberikan sebagai bentuk dukungan terhadap Thousand Mosque Coffee ini adalah pelatihan, sertifikasi, dan peralatan produksi tahun 2019.

Pada Oktober 2019, Thousand Mosque Coffee mewakili UMKM binaan PLN mengikuti pameran Surabaya Expo yang digelar di Surabaya, Jawa Timur. Tak hanya itu, Thousand Mosque Coffee juga terpilih sebagai wakil UMKM dalam ajang Festival PLN Peduli 2020 yang digelar secara daring pada 4-9 November 2020. 

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk bisa mewakili PLN. Selain itu, tentu saja kesempatan untuk mempromosikan produk kami ke luar NTB," ujar Agus Murdianto, Ketua Kelompok Pemilik Thousand Mosque Coffee.

Agus juga menyampaikan rasa gembiranya karena selain dapat mempromosikan produknya, dia juga berkesempatan  mengikuti workshopnya terkait marketing dan branding yang dapat digunakan untuk mengelola UMKM di kemudian hari. 

Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Nusa Tenggara Bondan Gustaman mengatakan bahwa berbekal dari pengalaman pada pameran Surabaya Expo tahun 2019, PLN masuk ke areal hulu Pertanian di sembalun untuk melakukan pembinaan pembibitan kopi.

"Kami menggandeng kelompok yang ada di Desa Sapit, Desa Sembalun Lawang dan Desa Sembalun bumbung untuk kita bina melakukan penanaman kopi. Kita berikan 50.000 bibit kopi, pembangunan sarana prasarana pembibitan, hingga sertifikasi bibit Kopi," ujar Bondan.

Bondan juga menyadari bahwa UMKM memiliki peran yang sangat strategis, baik bagi perekonomian daerah maupun nasional. Sektor UMKM yang tangguh dan berdaya saing diyakini mampu menyejahterakan masyarakat

"Seperti halnya dukungan kepada UMKM, seperti keringanan tagihan untuk pelanggan bisnis kecil dan pelanggan industri kecil, promo Super Merdeka, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan untuk menunjang peningkatan kegiatan ekonomi para UMKM/IKM," kata Bondan.