Djohan-Danny unggul dalam hasil hitung cepat Pilkada Lombok Utara

id Pilkada Lombok Utara,Pasangan Joda,Pasangan NADI

Djohan-Danny unggul dalam hasil hitung cepat Pilkada Lombok Utara

Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 10 Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (9/12/2020). ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - Penghitungan cepat pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Djohan Sjamsu-Danny Karter Febrianto Ridawan atau paket JODA, sementara unggul dengan perolehan suara 54,73 persen.

Kemenangan sementara pasangan calon nomor urut 1 tersebut berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilaksanakan oleh Lembaga Survei Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi), Rabu (9/12), hingga pukul 17.00 Wita.

Sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 Najmul Akhyar-Suardi atau paket NADI yang merupakan petahana memperoleh suara sebesar 43,58 persen.

"JODA menang dengan selisih lebih dari 11 persen lebih. Hasil ini bisa hampir sama dengan hasil hitung cepat KPU. Tinggal dikawal dan tidak mungkin dikejar karena suara masuk sudah 98 persen," kata Direktur Lembaga Survei Presisi, Darwan Samudja, saat menggelar konferensi pers bersama pasangan calon JODA.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA melalui akun twitternya juga mengumumkan keunggulan sementara pasangan JODA sebesar 54,97 persen, sedangkan pasangan NADI memperoleh suara 45,03 persen dari total suara yang masuk sebesar 90,42 persen hingga pukul 15.51 WIB.

Data yang dipublikasi melalui situs pilkada2020.kpu.go.id, tercatat hasil hitung berdasarkan data sementara hasil foto formulir Model C Hasil-KWK yang dikirim kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) melalui Sirekap, pasangan JODA unggul 57,8 persen, sedangkan pasangan NADI meraih suara 42.2 persen.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah memasukkan data perolehan suara ke dalam sistem KPU hingga pukul 23.00 Wita, sebanyak 195 TPS atau sebesar 33,97 persen dari total 574 TPS di seluruh Kabupaten Lombok Utara.