AROMA KEJU DAN BAWANG PALING DISUKAI INGGRIS

id

London (ANTARA) - Keju dan bawang menjadi bumbu masak paling disukai warga Inggris dewasa ini, menyisihkan asinan yang selama ini menjadi favorit Inggris.

Perusahaan riset pasar Mintel mengungkapkan, penjualan keju dan bawang garing melonjak 15 persen dalam dua tahun lalu menjadi 256 juta pound.

Asinan yang biasanya paling banyak diburu, jatuh ke urutan kedua sebagai aroma masakan paling disukai perut orang Inggris meskipun antara 2006-2008 penjualannya meningkat lima persen, sementara popularitas garam tradisional dan cuka tergelincir dibarengi penjualannya turun tujuh persen.

Meskipun begitu, total penjualan tiga bumbu masak paling populer di Inggris itu tetap mendominasi pasar, dengan menyita hampir duapertiga keseluruhan penjualan bumbu masak Inggris yang mencapai 1,47 miliar pound sepanjang tahun lalu.

"Kendati sedang dikembangkan aroma masak baru dan bercita rasa baru, bumbu masak tradisional tetap paling disukai orang," kata analis Mintel, Emmanuelle Bouvier.

Namun demikian, Mintel menyatakan meskipun penjualan bumbu masak meningkat secara mengesankan, pasar sepertinya tidak akan tumbuh dalam lima tahun ke depan karena krisis likuiditas atau pinjaman (credit crunch) telah memotong belanja masyarakat.  (*)