Pemkot Mataram menyerahkan santunan lebaran Rp2,1 miliar

id asn,mataram,baznas

Pemkot Mataram menyerahkan santunan lebaran Rp2,1 miliar

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana secara simbolis menyerahkan santunan kepada petugas kebersihan di Kota Mataram, Selasa (4/5/2021) ANTARA/HO-Kominfo Mataram

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyerahkan santunan Lebaran 1442 Hijriah kepada 10.568 orang penerima dari berbagai kalangan dengan total anggaran Rp2,1 miliar bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Santunan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana kepada para petugas kebersihan dihadiri Ketua Baznas Kota Mataram H Mahsar Malacca, serta sejumlah pejabat setempat di halaman Kantor Wali Kota Mataram di Mataram, Selasa.

H Mahsar Malacca mengatakan, santunan lebaran yang diberikan kepada 10.568 penerima tersebut antara lain untuk petugas kebersihan sebanyak 1.242 orang.

"Masing-masing petugas kebersihan mendapatkan santunan Rp150.000," katanya.

Mahsar mengatakan, untuk 1.242 petugas kebersihan tersebut berasal dari pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup, pasukan biru Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta pasukan hijau dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram.

Selain itu, bantuan untuk 102 lembaga atau madrasah, 237 marbot masjid se-Kota Mataram masing-masing mendapat Rp500 ribu, Ormas Islam, panti asuhan dan muallaf.

Jumlah sasaran dan santunan yang mereka terima berbeda-beda dan secara keseluruhan total santunannya Rp2,1 miliar lebih.

"Ada juga bantuan untuk lansia terlantar yang kita berikan secara rutin setiap bulan masing-masing Rp100 ribu melalui kelurahan dengan sasaran 7.300 orang dienam kecamatan," katanya.

Sementara Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dalam kesempatan tersebut mengatakan, santunan lebaran kepada para petugas kebersihan, muallaf dan marbot diberikan secara rutin setiap tahunnya yang diinisiasi oleh Baznas Kota Mataram.

"Baznas merupakan institusi resmi yang mengelola zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dari ASN muslim di Kota Mataram kemudian dikelola dengan baik dan penuh amanah," katanya.

Terkait dengan itu, Wali Kota berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat banyak untuk membantu pemenuhan kebutuhan penerima selama bulan Ramadhan. Apalagi, kondisi perekonomian di tengah pandemi COVID-19 masih sangat berat.

"Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan saya percaya bapak ibu semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata Wali Kota di hadapan sejumlah petugas kebersihan.