Liverpool melibas Leeds United 3-0

id Liverpool,Leeds United,Liga Premier Inggris

Liverpool melibas Leeds United 3-0

Mohamed Salah (kedua kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai cetak gol untuk Liverpool dalam pertandingan Liga Premier Inggris lawan Leeds United di Elland Road, Leeds, Inggris pada 12 September 2021. ANTARA/REUTERS/PETER POWELL

Jakarta (ANTARA) - Liverpool melibas Leeds United tiga gol tanpa balas dalam laga Liga Premier pekan keempat di Elland Road Minggu malam WIB, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tiga gol The Reds masing-masing dicetak oleh Mohamed Salah Fabinho dan Sadio Mane.

Sejak babak pertama Liverpool tampil dominan dan menggempur pertahanan Leeds dengan mengandalkan permainan sayap.

Tim asuhan pelatih Jurgen Klopp tersebut melepaskan tembakan pertama pada menit ke-10 lewat Sadio Mane dari luar kotak penalti, tetapi bola masih bisa diblok lawan.

Liverpool membuka peluang membuka skor pada menit ke-14. Diogo Jota mengontrol bola di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan, tetapi upayanya digagalkan kiper Illan Meslier.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui sontekan Mohamed Salah di depan gawang usai menerima umpan silang mendatar dari Trent Alexander-Arnold. 

Thiago Alcantara sempat menambah keunggulan Liverpool setelah sundulannya merobek gawang Leeds pada menit ke-24. Namun, hakim garis menganulir gol tersebut karena berbau offside.



Dua menit berselang Harvey Elliott nyaris menggandakan keunggulan Liverpool. Bola tembakan pemain berusia 18 tahun itu dari jarak dekat masih bisa dibendung Meslier.

Leeds tidak mampu keluar dari tekanan Liverpool sepanjang babak pertama. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Liverpool.

Selepas turun minum, Liverpool hampir menggandakan skor pada awal babak kedua. Salah gagal melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong karena diblok bek Leeds dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Tim tamu menambah keunggulan pada menit ke-50 dari gol yang tercipta setelah kemelut di kotak penalti Leeds menyusul sepak pojok Liverpool yang sukses dimanfaatkan Fabinho untuk membuat timnya menjauh 2-0.

Leeds membuat peluang pada menit ke-55 lewat tembakan Tyler Roberts ke tiang jauh, tetapi bola sedikit melebar dari target.

Peluang Leeds mengejar ketertinggalan makin kecil setelah Pascal Struijk dikartumerahkan wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Harvey Elliott pada menit ke-60.

Meski kalah jumlah pemain, Leeds tidak kendur melancarkan serangan. Dan peluang emas Leeds tercipta dari sontekan Patrick Bamford pada menit ke-74 namun digagalkan Alisson Becker.



Mane membuang peluang emas pada menit ke-8 setelah melepaskan tembakan dari jarak dekat, tetapi percobaannya itu digagalkan kiper lawan.

Dua menit berselang, Bamford melepaskan tembakan spekulasi dari tengah lapangan setelah melihat Allison terlalu jauh meninggalkan gawang.

Bola menukik menuju gawang Liverpool, tetapi Allison dengan cepat berlari dan menepisnya keluar lapangan.

Mane akhirnya bisa mencetak gol pada injury time. Berawal dari umpan tarik Thiago, penyerang asal Senegal itu kemudian memutar badannya sambil melepaskan tembakan. Skor menjadi 3-0.

Kemenangan ini membuat The Reds menempel Manchester United pada puncak klasemen dengan mengumpulkan 10 poin dari empat laga. Liverpool cuma kalah selisih gol dari rival mereka tersebut.

Sedangkan Leeds menduduki posisi ke-17 atau satu peringkat di atas zona degradasi dengan dua poin dari empat laga. Posisi tim besutan Marcelo Bielsa tersebut bisa merosot bila Burnley mencuri poin dari Everton.



Susunan Pemain:

Leeds (4-1-4-1):
Meslier; Ayling, Llorente (Struijk 34'), Cooper. Firpo; Phillips; Rafinha, Dallas, Rodrigo (Tyler Roberts 46'), Harrison (Daniel James 68'); Bamford.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Elliott (Henderson 63'), Fabinho, Thiago (Keita 90+4'); Salah, Jota (Oxlade-Chamberlain 82'), Mane.