PLN maintenance outage untuk menjaga keandalan PLTU Jeranjang Lombok

id PLN UPK Lombok,PLTU Jeranjang,Maintenance Outage

PLN maintenance outage untuk menjaga keandalan PLTU Jeranjang Lombok

Foto udara PLTU Jeranjang. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang, salah satu penyokong utama wistem kelistrikan Lombok yang berlokasi di Desa Taman Ayu, Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat, sedang memasuki masa maintenance outage.

Maintenance outage tersebut wajib dilakukan untuk menjaga keandalan PLTU Jeranjang, salah satu backbone utama Sistem Kelistrikan Lombok, selain PLTMGU Lombok Peaker yang berlokasi di Ampenan, Kota Mataram.

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok Nyoman Satriyadi Rai menjelaskan bahwa maintenance outage yang dilakukan saat ini adalah kegiatan pemeliharaan yang merupakan salah satu upaya PLN untuk melakukan perbaikan peralatan untuk meningkatkan performa mesin, terutama menjelang gelaran akbar MotoGP yang akan dihelat pada Maret 2022.

"Salah satu pilar transformasi PLN adalah customer focused. Selain sisi pelayanan yang langsung berinteraksi dengan pelanggan, PLN UPK Lombok memiliki tugas menjaga pasokan listrik supaya tetap aman, salah satunya dengan melakukan maintenance outage seperti sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan pihaknya secara rutin melakukan analisa evaluasi terhadap parameter dari setiap peralatan mesin sehingga bisa memprediksi kondisi dari peralatan tersebut.

Jika ditemukan performa dari peralatan baik utama maupun pendukung kurang baik maka sebelum terjadi gangguan maka akan dilakukan outage maintanance ( sering disebut preventive maintanance).
Hal tersebut, kata dia, harus dipatuhi untuk menjaga dan meningkatkan performa sistem supaya dapat beroperasi maksimal. Jenis maintenance outage yang dilakukan untuk setiap pembangkit pun juga berbeda-beda, menyesuaikan dengan kondisi dari peralatan-peralatan mesin

Maintenance outage pada PLTU Jeranjang yang berkapasitas 3 x 25 MW ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu ini telah dimulai tanggal 7 Januari 2022 dan direncanakan selesai pada 24 Januari 2022.

Beberapa jenis kegiatan yang dilakukan adalah inspeksi peralatan utama dan pemeliharaan peralatan bantu. Maintenance outage pun dilakukan dengan tetap dengan memprioritaskan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 oleh seluruh pekerja PLN.

"Kami mohon doa dari dari seluruh masyarakat agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sehingga PLTU Jeranjang dapat memasok listrik lebih optimal," ucap Nyoman.