PSSI NTB mengapresiasi rencana Barcelona bangun SSB

id NTB,PSSI,Asprov PSSI NTB,Barcelona,SSB Barcelona

PSSI NTB mengapresiasi rencana Barcelona bangun SSB

Ketua Asprov PSSI Nusa Tenggara Barat (NTB) Mori Hanafi. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Ketua Asprov PSSI Nusa Tenggara Barat Mori Hanafi mengapresiasi rencana klub raksasa La Liga Spanyol, FC Barcelona, membangun Sekolah Sepak Bola (SSB) di provinsi tersebut.

"Kita apresiasi rencana itu dan bagus banget kalau itu benar Barcelona mau bangun sekolah atau akademi sepak bola di NTB," ujar Mori di Mataram, Rabu. 

Menurut dia, kehadiran SSB berstandar internasional, terlebih dari klub sekelas Barcelona, tentu akan menjadi semangat masyarakat NTB untuk menggelorakan sepak bola, khususnya dalam mendorong putra-putri setempat untuk mendaftarkan diri dan berlatih sepak bola, sehingga ke depan diharapkan lahir bibit-bibit pesepak bola berkualitas dan profesional, yang bisa mengharumkan nama NTB di kancah nasional maupun internasional. 

"Ini juga akan menarik minat tidak hanya warga NTB pastinya, melainkan warga dari seluruh Indonesia juga akan datang untuk menimba ilmu sepak bola di akademi Barcelona," kata Mori.

Terkait kelanjutan rencana tersebut, ia mengaku tidak ingin berkomentar lebih jauh, karena yang disampaikan pihak Barcelona kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, dalam hal ini Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah, masih sebatas pembicaraan secara virtual, bukan pertemuan tatap muka secara langsung.

"Intinya, kita menilai ini bagus buat daerah dan luar biasa kalau itu benar adanya," tegas Mori.

Namun demikian, pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD NTB itu menyatakan program pembangunan SSB dengan pembinaan sepak bola sejak dini sebetulnya sudah dilakukan masing-masing pengurus, baik di kabupaten maupun kota.

Salah satu contohnya, yakni Askab PSSI Lombok Barat melalui Perslobar yang secara konsisten melakukan pembinaan atlet sepak bola gelaran rutin kompetisi divisi 3, divisi 2 dan divisi 1. 

"Ketika semua Askab PSSI di kabupaten dan kota di NTB melakukan pembinaan dan konsisten melaksanakan kompetisi, maka tentu ini akan sangat bagus untuk perkembangan sepak bola di NTB ke depannya," tutur Mori. 

Sebelumnya, perwakilan klub raksasa Spanyol, Barcelona, dalam pertemuan daring dengan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah pada Selasa (26/1), menyampaikan rencananya untuk membangun SSB di NTB. 

Sitti mengatakan SSB tersebut, selain sebagai ajang pencarian potensi pemain bola internasional, juga bertujuan sebagai pariwisata. 

"Kami sangat mendukung anak muda untuk mengembangkan bakat olahraga, khususnya sepak bola, dan terbuka dengan kerja sama mengembangkan "sport tourism," ujar Sitti.

Ia mengatakan NTB sangat terbuka dengan rencana kerja sama tersebut, mengingat NTB juga menjadi salah satu provinsi yang akan mengembangkan konsep "sport tourism".

Oleh karena itu, ia berharap rencana SSB FC Barcelona dapat dimatangkan, terlebih dengan rencana investasi "sport tourism" melalui "global sport management" mereka. 

Sementara itu, Kepala Pengembangan Bisnis Asia Pasifik Barcelona Stephanie Chen mengungkapkan konsep SSB yang dibawa timnya telah sukses diaplikasikan di banyak negara.

Pihaknya juga berencana memperkenalkan peluang kerja sama bisnis yang mengelola komunitas penggemar Barcelona.

"Dengan potensi fans Barcelona yang besar di seluruh dunia, dan Indonesia sebagai pasar paling potensial akan membuat kerja sama bisnis berkembang," pungkas Chen.

Lebih lanjut, Manajer Kemitraan Komersial Asia Tenggara dan Oseania Barcelona Diani NM menambahkan NTB akan mendapatkan banyak manfaat apabila kerja sama kedua belah pihak bisa terealisasi.

"Mulai dari pelatih profesional yang berpengalaman, hingga mendatangkan pemain-pemain legendaris FC Barcelona," kata perempuan yang berasal dari NTB tersebut.