PULAU KECIL DI LOTIM DIMINATI INVESTOR

id



         Lombok Timur,NTB, (ANTARA)- Keberadaan pulau-pulau kecil dan "gili" yang ada di wilayah kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat banyak diminati investor asing maupun Indonesia yang ingin menanamkan investasi di bidang pariwisata di Lotim.

        Kepala Dinas Kelautan  dan Perikanan (DKP) Lotim, H Amiril Mukmin PD, di Selong, (22/7) mengatakan, investor asing maupun  dari Indonesia memiliki ketertarikan yang sangat tinggi untuk menanamkan investasi di Lotim.

         Bahkan sudah banyak yang mengajukan izin maupun proposal kepada Pemkab Lotim untuk pengelolaan pulau-pulau kecil dan gili yang ada di Lotim, dengan tentunya  bagi mereka yang memiliki komitmen untuk memajukan Lotim.

        "Yang jelas Pemkab Lotim memberikan kemudahan layanan dalam proses infestasi yang dilakukan para investor yang berminat untuk menanamkan investasinya," ujar Amirul Mukminin.

         Ia mengatakan, sementara keberadaan pulau-pulau kecil dan gili itu mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah pusat, karena ada target yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah dearah dalam pengelolaan pulau-pulau kecil untuk para investor.

         Meski dalam pengelolaan pulau kecil tersebut merupakan hak sepenuhnya dari pemerintah daerah, sehingga kepercayaan yang diberikan pusat, maka Pemkab Lotim pada tahun ini mendapatkan dana dari pusat untuk kegiatan Zonasi pulau-pulau kecil dan gili seperti Gili Sunut.

         "Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat masalah pengelolaan gili ini, tentunya kedepannya bisa mendatangkan hasil bagi kemajuan Lotim kearah yang lebih baik," tambah Amirul Mukminin PD.

         Ia menambahkan sementara dalam aturan telah jelaskan kalau pulau-pulau kecil  dan gili tidak boleh untuk milik perorangan, apalagi untuk dibuatkan sertifikat tidak boleh,meskipun  oleh Pemkab Lotim.

         Akan tetapi  di Lotim belum ada satupun kasus penjualan pulau yang terjadi, karena pihaknya selalu melakukan langkah antisifasi didalamnya, dengan memperketat pengawasan di pulau-pulau kecil dan gili di Lotim.

          Sementara untuk kabupaten Lotim terdapat 35 pulau kecil  dan gili yang mana enam pulau diantaranya berpenduduk, dua diantaranya masuk dalam kawasan konservasi.

         "Beberapa pulau kecil dan gili  sudah mendapatkan rekomendasi pengelolaan diantaranya Gili Sunut, Tanjung Ringit dan beberap pulau kecil yang ada di Lotim dan Gili Kondo yang kini masih dalam proses dalam pengembangan wisata di Lotim," ujar Amirul Mukminin. (*)