Polda NTB berikan atensi keamanan pendistribusian logistik MotoGP 2022

id pengamanan,logistik motogp,keamanan distribusi

Polda NTB berikan atensi keamanan pendistribusian logistik MotoGP 2022

Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memberi atensi perihal keamanan dalam pendistribusian logistik perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda NTB Komisaris Besar Polisi I Gusti Putu Gede Ekawana di Mataram, Jumat, mengatakan bentuk atensi pihaknya dalam pendistribusian logistik MotoGP ini dengan menggelar secara rutin rapat koordinasi lintas sektoral.

"Kami gelar rapat koordinasi yang sifatnya terbatas, khususnya dengan otoritas keamanan di bandara maupun pelabuhan yang menjadi transit perdana logistik MotoGP di NTB," kata Ekawana.



Dalam rapat terakhir pada Kamis (3/2), jelasnya, dibahas perihal kesiapan para pihak dan kegiatan yang kini sedang berjalan untuk pelaksanaan tes pra musim MotoGP 2022 yang akan digelar 11-13 Februari tanpa penonton di Sirkuit Mandalika.

"Dari pemaparan semua 'stakeholder', tidak ada kendala yang dihadapi," ujarnya.

Ekawana mengatakan bahwa otoritas keamanan bandara maupun pelabuhan sudah menyatakan siap perihal pelaksanaan penerimaan logistik MotoGP dari kru pembalap. Bahkan beberapa logistik sudah tiba melalui Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat dan dipastikan aman.



"Jadi sekarang yang perlu dipersiapkan adalah pengamanan kru pembalap yang mengikuti tes Pramusim MotoGP 2022," ucap dia.

Kabarnya, pihak dari Dorna Sport bakal datang ke Lombok mulai 7 Februari mendatang. Perihal itu, pihak karantina maupun bea dan cukai sudah siap melakukan tugasnya perihal prosedur pemeriksaan barang bawaan.

Sedangkan untuk tugas Polda NTB dalam hal pengawalan kru pembalap. Ekawana memastikan bahwa pihaknya sudah siap. Teknis di lapangan soal pengawalan maupun ketika berhadapan dengan situasi kontingensi, sudah diantisipasi melalui rutinitas latihan gabungan.

"Dari kami tinggal pelaksanaannya saja di lapangan, kami siap," katanya.