TNI-Polri intensif gelar patroli di Bulan Ramadhan

id TNI,POLRI ,Lombok Tengah

TNI-Polri intensif gelar patroli di Bulan Ramadhan

Anggota TNI-Polri saat melakukan patroli di wilayah Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (10/4/2022) (ANTARA/Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran TNI Kodim 1620 dan Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terus intens menggelar patroli bersama demi menjaga suasana Bulan Ramadhan 1443 Hijriah tetap kondusif.

"Patroli gabungan berskala besar ini menjangkau ke seluruh wilayah Lombok Tengah," Kabag Op Polres Lombok Tengah Kompol Anton dalam keterangan tertulisnya di Praya, Senin. 

Ia mengatakan, sasaran kegiatan patroli tersebut yakni pelayanan kepada masyarakat, termasuk pengecekan surat-surat kendaraan, pemakaian Helm, transportasi orang dengan mobil bak terbuka, maupun tindak pidana curat, Sajam, dan modus kejahatan lainnya.

"Ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Lombok Utara khususnya," katanya. 

Sementara itu, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, mengatakan, tim preventif gabungan TNI-Polri menggelar patroli bersama setiap malam. Patroli gabungan ini bertujuan selain untuk menjaga kondusifitas wilayah, juga dalam rangka memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Ini untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan ini tanpa ada kekhawatiran masalah gangguan keamanan," katanya.

Pada pelaksanaannya, tim juga melakukan operasi dengan sasaran yaitu pemantauan arus jalan di sejumlah titik lokasi dugaan sebagai tempat ajang balap motor liar yang dapat mengganggu ketertiban dan meresahkan masyarakat. Tak hanya itu, penindakan terhadap knalpot racing menjadi salah satu target sasaran operasi.

"Karena penggunaan knalpot racing dianggap dapat membahayakan pengendara lain," katanya. 

Selain di kota, Dandim menuturkan bahwa Koramil dan Polsek jajaran TNI-Polri di Kabupaten Lombok Tengah juga aktif melakukan patroli di desa-desa binaan. Dengan adanya kegiatan patroli malam secara rutin selama bulan suci Ramadhan, Satuan TNI-Polri berharap masyarakat bisa lebih khusyuk mengerjakan ibadah.

"Kita terus melakukan patroli bersama di seluruh wilayah Lombok Tengah dengan terus meningkatkan koordinasi bersama  seluruh elemen daerah," katanya.