RSUD Mataram membuka layanan poliklinik sore mulai Juni 2022

id RSUD,mataram,pliklinik

RSUD Mataram membuka layanan poliklinik sore mulai Juni 2022

Ilustrasi - Aantrean pasien di loket pendaftaran Rumah Sakit Umum (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menargetkan membuka layanan poliklinik sore mulai awal Juni 2022, guna meningkatkan pelayanan bagi pasien rawat jalan.

"Sekarang kami masih melakukan sinkronisasi jadwal dokter dan data pasien BPJS yang selama ini berobat ke rumah sakit swasta agar tidak dobel," kata Direktur Utama RSUD Kota Mataram dr Hj Ni Ketut Eka Nurhayati di Mataram, Senin.

Sementara untuk persiapan lainnya, sambung Eka, seperti tenaga medis, kasir, petugas rekam medis dan lainnya sudah rampung karena selama ini mereka sudah siaga 24 jam.

Ia mengatakan, dengan akan diterapkan layanan poliklinik sore maka pelayanan pasien rawat jalan dimulai dari pukul 07.00 Wita sampai 20.00 Wita.

"Masyarakat yang akan berobat ke poliklinik bisa mendaftar melalui aplikasi secara 'online', agar tidak lama menunggu antrean," katanya.

Dengan mendaftar "online", menurutnya, pasien bisa menyesuaikan dengan jadwal mereka dan ketika sampai di poliklinik semua rekam medis sudah siap.

"Memang yang datang daftar manual masih ada, tapi prosesnya lebih lama," katanya.

Pada prinsipnya, kata Eka, pembukaan layanan poliklinik sore ini memperpanjang jam pelayanan terutama untuk pasien yang sudah mendaftar "online".

"Selama ini dalam sehari pasien rawat jalan banyak yang tidak bisa terlayani karena keterbatasan waktu pelayanan yang hanya sampai jam kantor saja," katanya.

Dia berharap, dengan akan dibukanya layanan poliklinik sore dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kota ini.