Provinsi NTB tuan rumah Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional

id NTB,BRIN,BRIDA,Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional,PIRN

Provinsi NTB tuan rumah Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Nusa Tenggara Barat Wirawan. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN) yang merupakan agenda tahunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 10-17 Juli 2022.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) NTB, Wirawan di Mataram, Senin, mengatakan BRIN berkolaborasi dengan Brida NTB sebagai mitra pelaksana kegiatan ini. "Kami mendesain kegiatan PIRN dengan menciptakan nuansa belajar sambil berkreasi dan berekreasi," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 409 peserta jenjang SMP, MTs, SMA, SMK, MA atau sederajat hingga mahasiswa dari beberapa provinsi, seperti Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Jambi, NTB, Jakarta, DIY, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Maluku, dan Papua. "PIRN XX NTB ini akan menjadi ajang kembalinya PIRN setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual akibat dari pandemi COVID-19," ujarnya.

Sejak audiensi kali pertama antara BRIN dan Pemprov NTB, PIRN XX NTB telah mengantongi dukungan dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah. "Beliau menyambut baik kegiatan ini serta berharap pemilihan NTB, khususnya tiga gili sebagai lokus penelitian, dapat menjadi katalisator pemulihan ekonomi di tiga gili dan NTB pada umumnya, yang terdampak pandemi secara signifikan," kata Wirawan.

Baca juga: Pemprov NTB raih tujuh penghargaan ajang Dewan Masjid Indonesia Awards 2022

Dia mengatakan PIRN XX NTB diadakan pada 10-17 Juli 2022, dengan lokus penelitian bertempat di tiga gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) di Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan penelitian di tiga gili berlangsung selama dua hari, yakni 12-13 Juli 2022. Rangkaian kegiatan PIRN XX NTB 2022 ialah ceramah inspirasi atau "inspirational talk", pembelajaran metodologi penelitian, pembelajaran teori dasar alat uji, dan praktikum.

"Selain itu juga, PIRN akan menggandeng percakapan untuk memberikan pelatihan menulis artikel populer bagi para mahasiswa dengan 'output' (keluaran) kegiatan berbentuk publikasi artikel dari para peserta," ujar dia.

Baca juga: Pemprov NTB ajak warga melestarikan bahasa daerah

Ia mengatakan enam hari menuju upacara pembukaan PIRN XX NTB 2022, Brida NTB sebagai mitra pelaksana terus melakukan koordinasi intensif bersama dengan pihak-pihak terkait guna memastikan kegiatan berjalan dengan baik dan memberikan kesan positif kepada para peserta.