GUBERNUR NTB AGENDAKAN PENINJAUAN LOKASI LATSITARDANUS 2012

id

     Mataram, 29/11 (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH M Zainul Majdi mengagendakan peninjauan lokasi Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-33, yang sedang berlangsung di empat kabupaten/kota di dipusatkan di Pulau Lombok, sejak 16 November yang akan berakhir 16 Desember 2012.

     "Pak Gubernur akan meninjau lokasi latihan di empat kabupaten/kota di Pulau Lombok yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara, sekaligus berdialog dengan peserta Latsitardanus," kata Kabag Humas dan Protokoler Setda NTB Tri Budiprayitno, di Mataram, Kamis.

     Ia mengatakan, peninjauan lapangan itu dijadwalkan Rabu (5/12) di Kota Mataram dan Lombok Barat, dan Senin (10/12) di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara.

     Gubernur NTB periode 2008-2013 hendak menyerap aspirasi langsung dari para peserta Latsitardanus, kemudian menindaklanjutinya sesuai kewenangannya.

     "Meskipun baru dua minggu peserta Latsitardanus membaur dengan masyarakat di lokasi latihan, tentu mereka telah banyak menyerap aspirasi terkait proses pembangunan daerah, sehingga hal itu perlu disikapi dan Pak Gubernur akan berdialog dengan mereka," ujar Tri.

     Sebelumnya, Komandan Resimen Taruna Latihan (Danmentarlat) Akademi TNI Kolonel Inf Benny Susianto melaporkan, kegiatan Latsitardanus 2012 itu diikuti oleh 1.292 orang peserta dan 247 orang pengasuh.

     Sebanyak 1.292 orang peserta Latsitadanus itu, berasal dari para taruna Akademi Militer, Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL), Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU), Taruna-taruni Akademi Kepolisian (Akpol) calon praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), dan mahasiswa.          

     Peserta dari Akademi Militer sebanyak 239 orang, AAL sebanyak 105 orang, AAU sebanyak 109 orang, Akademi Kepolisian (Akpol) sebanyak 293 orang terdiri dari taruna sebanyak 244 orang dan taruni 45 orang.

      Peserta dari unsur praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 200 orang, terdiri dari 150 orang praja laki-laki dan 50 orang praja wanita, dan mahasiswa sebanyak 162 orang, terdiri dari mahasiswa sebanyak 102 orang dan mahasiswi sebanyak 60 orang.

      "Selama kegiatan, para peserta Latsitardanus itu menginap di rumah penduduk dan fasilitas yang tersedia di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara," kata Benny saat melaporkan rencana kegiatan Latsitardanus ke-33, kepada Panglima TNI  Laksamana TNI Agus Suhartono, dalam pertemuan singkat di Kantor Gubernur NTB, usai upacara pembukaan Latsitardanus di Lapangan Sangkareang Mataram, Minggu (16/11).

      Upacara penutupan Latsitardanus itu akan dilakukan pada 16 Desember 2012, dengan inspektur upacara Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo.

      Namun, peserta Latsitardanus beserta pengasuhnya masih akan menghadiri upacara penutupan Hari Nusantara 2012, yang dipusatkan di Lombok Timur, dengan inspektur upacara Presiden Susilo Bambang Yudhyono.

      Dijadwalkan, pada Senin (17/12) sore, peserta Latsitardanus dan pengasuhnya bertolak dari Lombok menuju Surabaya, untuk selanjutnya dilakukan pembubaran satuan tugas taruna Latsitardanus.  (*)