Kejurprov NTB Motocross gerakkan ekonomi warga

id motor cross

Kejurprov NTB Motocross gerakkan ekonomi warga

Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri (kiri) saat membuka acara kejuaraan provinsi Nusa Tenggara Barat motor cross di Sirkuit Lantan. (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Nusa Tenggara Barat motor cross di Sirkuit 459 Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah membawa berkah bagi para pedagang dan masyarakat sekitar.

Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri di Praya, Sabtu mengatakan, kondisi hari ini masyarakat bisa merasakan dampak positif dari kegiatan balap motor cross yang berlangsung selama dua hari, mulai 17-18 Desember 2022.

"Alhamdulillah masyarakat bisa merasakan dampak dari kegiatan. Tidak ada jualan yang tidak laku, bahkan ada pedagang yang mengambil lagi dagangannya," katanya usai membuka kejuaraan balap motor tersebut. 

Sirkuit 459 Lantan, kata Bupati, juga dapat dijadikan sebagai wahana wisata, karena mereka di sini kumpul sambil melihat keindahan alam sekitar.

"Sirkuit motor cross ini dekat dengan destinasi wisata air terjun. Jadi pengunjung yang datang bisa berlibur," katanya. 

Pihaknya belum dapat memastikan pergerakan ekonomi untuk hari ini, mengingat event masih akan berlangsung sampai besok Minggu 18 Desember 2022.

"Antusiasme masyarakat sendiri sangat tinggi,  terbukti, penonton yang hadir dari berbagai wilayah seperti Mataram, Lombok Barat dan lainnya," katanya. 

Dikatakan, pembalap yang mengikuti event grass track dan motor cross tidak hanya dari NTB saja, melainkan juga ada dari Bali, Malang, Surabaya dan Yogyakarta.

"Pembalap yang hadir ini membawa keluarga mereka. Mereka mengaku sangat puas bisa mengikuti kegiatan di Sirkuit 459 Lantan ini sembari berwisata," katanya. 

Sementara itu, Komandan Lapangan Kejurprov motor cross, Bambang Supratomo mengatakan, event ini diikuti sekitar 100 lebih pembalap dari NTB, Jakarta, dan Pulau Jawa.

"Untuk lomba grass track dan motor cross ini total ada 16 kelas. Pembalap nasional yang hadir dipastikan tampil besok," katanya. 

Untuk penyelenggaraan event -event berikutnya, pihaknya mengaku terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB. Dipastikan untuk lintasan sirkuit tidak ada kendala dan siap untuk di jajal para pembalap.

"Mungkin ke depannya yang menjadi catatan kami beberapa sarana dan prasarana perlu dibenahi, seperti halnya jalan penghubung antara Desa Lantan dengan Desa Karang Sidemen," katanya.