Festival Jawara mendukung promosi pariwisata Lombok Tengah

id Festival Jawara ,Lombok Tengah ,NTB ,Motor cross

Festival Jawara mendukung promosi pariwisata Lombok Tengah

Pembaikan Sirkuit Motor cross Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar festival Jambore Wisata dan Ekonomi Kreatif (Jawara) di ajang kejuaraan provinsi motor cross di Sirkuit Lantan dalam rangka mendukung promosi pariwisata di daerah setempat.

"Kita telah mengundang ratusan pelaku pariwisata "Begawe" 3 hari 2 malam guna mendukung kejurprov motor cross, 17 Desember 2022," kata Kabid Pengembangan SDM Dinas Pariwisata Lombok Tengah, L.M.Hatta di Praya, Jumat.

Selain ratusan pebalap lokal dan regional akan ikut di kejuaraan itu, sedikitnya 200 pelaku jasa pariwisata dari, asosiasi, komunitas, pelaku industri pariwisata, Pokdarwis, pengelola desa wisata dan pelaku subsektor Ekonomi Kreatif akan berkegiatan selama 3 hari 2 malam ditempat itu.

Kegiatan Jawara itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti Ngobras (Ngobrol Asyik) Pariwisata, Fun Game tradisional, Pemutaran Film Pendek, Teater, Sosialisasi Mitigasi Bencana, Aksi Bersih dan Senam Sehat, Promosi Produk Ekraf, Outbound, Donor Darah, foto But dan 7 Band secara bergantian selama 3 hari menghibur masyarakat.

"Band yang akan mengisi acara dari pagi hingga malam diantaranya Band Bumers, Band Tastura, Titik Temu, Mantang Kolektif, M3G, Kopang Band dan Ladies First," katanya.

Menurutnya seluruh kebutuhan persiapan kegiatan Jawara sudah dipenuhi termasuk stand UMKM.

"Jumat sore peserta Jawara sudah di lokasi" ujarnya.

Kegiatan Jawara ini menurutnya dilakukan dalam upaya promosi pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah, karena itu peserta yang diundang adalah para pelaku pariwisata. Diharapkan dengan kegiatan ini pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah semakin maju.

"Ini adalah upaya kita dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia L.Firman Wijaya optimis kegiatan Kerjurprov 2022 ini akan sukses, sebab jika melihat animo dan antusias masyarakat dan pebalap yang begitu tinggi maka dia yakin kegiatan ini akan meriah.

"Persiapan sudah matang, rapat finalisasi akan dilakukan minggu depan, tetapi melihat persiapan kita yang sudah mencapai 90 persen, maka saya sangat optimis akan berjalan sesuai dengan harapan," katanya.