Polres Lombok Tengah menyiapkan lima posko pengamanan Natal

id Natal ,Tahun Baru ,Lombok Tengah

Polres Lombok Tengah menyiapkan lima posko pengamanan Natal

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di halaman Polres Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan lima posko pengamanan untuk mendukung perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar berjalan aman dan lancar.

"Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 kita menyiapkan lima posko," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah di Praya, Jumat.

Lima posko yang telah disiapkan tersebut berada di Kecamatan Kopang, Kecamatan Praya, Pos Bandara Internasional Lombok, Bundaran depan Bandara, dan di depan Sirkuit Mandalika.

"Sedangkan jumlah personel yang diturunkan sebanyak 100 personel dibantu polsek jajaran serta aparat gabungan TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Lombok Tengah," katanya.

Ia mengatakan terkait sistem dan teknis persiapan pengamanan menjelang pelaksanaan dan pasca-Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sesuai arahan Kapolri. Saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 diperkirakan mobilitas masyarakat meningkat sehingga perlu dilakukan antisipasi.

"Sistem pengamanan yang tepat untuk menghindari dengan mendeteksi dini hal-hal yang akan mengganggu kamtibmas di tengah masyarakat," katanya.

Lombok Tengah merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan memiliki tempat wisata yang sudah dikenal dunia sehingga diperkirakan menjadi salah satu tujuan wisatawan asing maupun domestik.sehingga teknis pengamanan sangat penting untuk dimatangkan.

Selain itu, kata dia, adanya Bandara Internasional Lombok yang menjadi pintu masuk wisatawan asing maupun lokal untuk menuju kabupaten lain di Lombok khususnya dan NTB.

"Dengan demikian sangat penting untuk dijaga kondusivitas wilayah," katanya.

Kapolres mengatakan hal penting lain yang ditekankan adalah bhabinkamtibmas di masing- masing desa untuk meningkatkan peran di tengah masyarakat sehingga mobilitas warga yang melaksanakan perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2023 serta kegiatan lainnya dapat termonitor dengan baik.

Dalam pelaksanaan Natal khususnya di Kabupaten Lombok Tengah, tempat peribadatan menjadi prioritas utama dalam pengamanan sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang melakukan ibadah.

"Kepada jajaran polsek diharapkan untuk tetap berkoordinasi dengan polres serta segera mungkin memberikan informasi terkait kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023," katanya.