Pusat mengalokasikan dana untuk pembangunan jalur dua Mandalika-Awang

id Jalur Mandalika pelabuhan awang,Lombok tengah mandalika ,Lombok tengah,Sirkuit Mandalika,Pemban,Pembangunan jalan mandalika awang

Pusat mengalokasikan dana untuk pembangunan jalur dua Mandalika-Awang

Salah satu petugas saat bekerja proyek pembangunan jalan di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan jalan jalur dua dari Bundaran Songgong, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menuju Pelabuhan Awang Desa Mertak, Kecamatan Pujut.

"2023 ini ruas jalan Mandalika -Pelabuhan Awang akan diperlebar menjadi jalur dua seperti jalan di depan Sirkuit Mandalika," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Tengah, Lalu Wiranata di Praya, Kamis.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan infrastruktur jalan dan peningkatan fasilitas pendukung Sirkuit Mandalika lainnya tersebut, pemerintah pusat menyiapkan anggaran Rp 1 Triliun. Namun, berapa anggaran untuk pembangunan jalan tersebut belum ada rinciannya.

"Yang jelas informasi dari kementerian terkait akan diperlebar mulai 2023," katanya.

Ia mengatakan, dana Rp1 Triliun tersebut tidak hanya untuk pembangunan jalan, namun untuk fasilitas pendukung lainnya seperti penataan rumah warga maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Lombok Tengah.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk mendukung peningkatan pariwisata dan ekonomi masyarakat di Lombok Tengah bagian utara.

"Itu total dana dari kementerian terkait, baik BUMN, PUPR, Bappenas, Kementerian Desa maupun kementerian terkait," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat mendukung penurunan angka kemiskinan di Lombok Tengah.

"Dengan adanya pembangunan itu pasti terjadi transaksi, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika di KEK, Kabupaten Lombok Tengah kembali menjadi tuan rumah ajang balap Wolrd Superbike (WSBK) pada Maret 2023 dan ajang MotoGP seri 16 pada Oktober 2023 mendatang.