Waktu Bau Nyale tunggu hasil Ritual Sangkap Warige pada 11 Januari

id Bau Nyale Lombok Tengah ,Bau Nyale,Sangkap Warige penentu Bau Nyale,Arti bau nyale,Lombok Tengah

Waktu Bau Nyale tunggu hasil Ritual Sangkap Warige pada 11 Januari

Nyale hasil tangkapan warga pada Bau Nyale 2022 di Pantai Seger, KEK Mandalika. (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, waktu pelaksanaan puncak Bau Nyale (menangkap cacing laut) 2023 yang merupakan tradisi masyarakat Sasak ditentukan dari hasil ritual "Sangkap Warige" (musyawarah) dari para tokoh budayawan dan tokoh agama.

"Waktu Bau Nyale itu tergantung hasil Sangkap Warige tanggal 11 Januari mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Lendek Jayadi di Praya, Sabtu.

Ritual Sangkap Warige penentuan puncak Bau Nyale yang digelar satu kali setahun tersebut dipusatkan di Desa Wisata Adat Ende, Desa Sengkol Kecamatan Pujut. Pihaknya telah melakukan persiapan tiga kali bersama para tokoh budayawan dan tokoh agama untuk pelaksanaan sangkap warige Bau Nyale yang menjadi agenda nasional tersebut.

“Sangkap Warige hanya sehari saja sama dengan tahun- tahun sebelumnya, hanya saja tahun ini waktunya lebih diperpanjang dari pagi diawali dengan Sangkep Madie atau para tokoh utama memulai perhitungan sehingga nanti di sidang paripurna tidak terlalu alot seperti tahun- tahun sebelumnya,” katanya.

Sangkap Warige ini tidak hanya sebagai salah satu penentu Bau Nyale tapi juga diharapkan menjadi salah satu atraksi utama yang menjadi daya tarik wisatawan di Desa Wisata Ende.



"Terlebih akan ada ajang awal yang dipersembahkan oleh pengelola di Ende ini seperti ritual di gunung pujut kemudian di Bale Jajar menjadi daya tarik juga,” katanya.

Desa wisata Sengkol ini bisa menjadi satu paket rangkaian dari Sangkep Warige ini, terlebih pihaknya berharap kegiatan ini akan tetap dilaksanakan di Dusun Ende, mengingat Sangkep Warige berbicara budaya maka harus dilaksanakan di dusun yang memiliki atraksi budaya.

"Setelah waktu Bau Nyale ditentukan, baru kita akan bahan rangkaian kegiatan yang digelar," katanya.

Untuk diketahui, saat tradisi Bau Nyale itu tiba, ribuan warga dari berbagai daerah turun langsung ke laut untuk memburu cacing laut yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika, karena memiliki jiwa yang bersih dan rela berkorban untuk kesejahteraan masyarakat.

Sehingga sang Putri Mandalika berjanji sebelum terjun ke laut, bahwa ia akan muncul pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak dan warga yang datang bisa menangkapnya dalam bentuk cacing laut yang warna warni.

Tradisi Bau Nyale diselenggarakan sekitar bulan Februari untuk nyale awal dan Maret untuk nyale akhir di Pantai Seger KEK atau di sepanjang pantai selatan Lombok Tengah.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puncak Bau Nyale ditentukan dari hasil Ritual Sangkap Warige