BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di NTB

id BMKG,Hujan di NTB,BMKG peringatan dini cuaca ,NTB,BMKG hujan ,hujan

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca di NTB

Kendaraan motor diguyur hujan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Barat selama tiga hari ke depan.

"Mulai tanggal 28-30 Januari, waspadai potensi curah hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid, Lombok, Alfiansyah dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

BMKG menyatakan, peringatan dini curah hujan sedang hingga lebat pada tanggal 28 Januari itu diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Selanjutnya, pada hari Minggu tanggal 29 Januari potensi hujan di prediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Pada hari Senin, tanggal 30 Januari potensi hujan diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

"Prediksi hujan terjadi dari siang hingga sore hari di sebagian wilayah NTB," katanya.

BMKG juga menyatakan, potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor dan banjir.

"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca di NTB