Layanan kesehatan di Kota Mataram tetap buka saat libur Lebaran

id Layanan kesehatan di Mataram,Layanan kesehatan Lebaran,Kota Mataram

Layanan kesehatan di Kota Mataram tetap buka saat libur Lebaran

Aktivitas layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Wali Kota Mataram Mohan Roliskana mengingatkan pelayanan dasar kesehatan di 11 puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat harus tetap buka saat libur dan cuti bersama Lebaran 2023.

"Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa tetap terlayani secara maksimal," katanya di Mataram, Jumat.

Ia berharap, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit segera menyiapkan formula pelayanan kesehatan masyarakat selama libur Lebaran.

Libur dan cuti bersama Idul Fitri ini, katanya, bukan hal yang baru sehingga pihak terkait diminta jauh-jauh hari menyiapkan sistem layanan yang akan diberikan, salah satunya dengan menerapkan sistem sif.

"Dengan demikian, selama libur dan cuti bersama Idul Fitri, layanan kesehatan dasar masyarakat tidak terganggu," katanya.

Ia juga mengingatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Mataram disiplin dalam melaksanakan tanggung jawab dengan tidak menambah libur.

Apalagi, katanya, libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah yang ditetapkan 19-26 April 2023 sudah cukup panjang sehingga tidak perlu lagi menambah atau mendahului libur.

"Terkait dengan itu, kami akan melakukan pengawasan khusus melalui pimpinan masing-masing organisasi perangkat daerah terkait se-Kota Mataram," katanya.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Baiq Evi Ganevia sebelumnya juga mengingatkan ASN agar tidak mengambil libur atau mudik sebelum waktunya.

Ia mengingatkan ASN hendaknya patuh pada penetapan jadwal libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah agar tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Karena itu, mari kita ikuti aturan libur dan masuk tepat waktu agar bisa jadi teladan bagi masyarakat sebab libur yang diberikan sudah cukup panjang sehingga ASN bisa memanfaatkan untuk kegiatan kumpul bersama keluarga dan silaturahim," katanya.